21.4.20

[Recipe] Simple Kimchi

Halo, semuanya! 
Salam sejahtera bagi para pembaca, semoga kita semua senantiasa sehat selalu dan virus Covid-19 ini segera diangkat dari muka bumi oleh Sang Khalik, aamiin yaa rabbal 'alaamiin..

Hari ini abis nyobain kimchi yang gue bikin kemarin, ternyata enak juga x9 Gak kalah lah sama yang di resto, hahaha.. Kimchi ini adalah Korean dish paling favorit secara pribadi, karena asem-asem segerrr gitu rasanya. Selain itu juga termasuk makanan paling sehat di dunia karena kandungannya yang kaya akan vitamin A, B, C, dan bakteri baik (yang dihasilkan dari proses fermentasinya) mencegah infeksi karena jamur, membantu melancarkan pencernaan dan bisa mencegah kanker (Sumber: KBS World Radio).

Makan kimchi yuk!
Diambil dari sini

Menilik manfaatnya yang banyak, mari kita meneladani orang Korea buat makan kimchi, hahaha.. Disini gue bikin yang sudah dimodifikasi yak, jadi lebih sederhana gitu hehehe..

Cara Bikin Kimchi Anti Ribet!

1. Siapkan sawi putih 1 bonggol, cuci bersih. Kalo di resep aslinya, sawi ini cukup dibelah dua atau paling banter dipisah-pisah per helainya. Tapi gue lebih memilih untuk memotong-motong dulu sawinya duluan, biar ntar pas mau makan gak usah ribet mesti motongin lagi.

Contoh sawi putih (1)
Diambil dari sini
Contoh sawi putih (2)
Diambil dari sini
Mohon maaf gue gak sempet fotoin bahan-bahan maupun proses bikinnya, jadi gue ambil dari google aja. Gue pake sawi yang warna hijaunya lebih dark kayak gambar diatas yang kedua, karena yang ada di warungnya yang itu doang.

2. Setelah sawi dipotong-potong, ditaburi dengan garam sekitar 3 sdt. Jadi ditaburin, terus diaduk-aduk gitu biar meresap secara merata ke dalam sawi. Diaduknya pake tangan aja langsung, makanya sebelumnya mesti cuci tangan dulu yak! Pokoknya mau lagi corona, mau gak ada corona, wash your hand frequently! :P

3. Kalo udah beres dikasih garam, biarkan aja dulu sampai 2 jam. Bebas mau ngapain sambil nunggu, mau nugas, mau nonton drakor, mau baca webtoon, mau rebahan doang, silakan! Wkwkw..

4. Bikin 'pasta' kimchi nya. Panaskan 2 sdm tepung beras yang dicampur dengan 200 ml air matang dan 1,5 sdm gula pasir. Aduk-aduk sampai mengental jadi bubur, kemudian tunggu dulu sampai dingin (gue rada diaduk-aduk aja buburnya jadi keluar gitu kan uapnya supaya lebih cepet dingin).

5. Siapkan sayuran pendamping 'pasta', yang terdiri dari 1 buah wortel, 1 buah lobak, dan 2 helai bawang daun. Cuci bersih, kemudian iris tipis-tipis memanjang ala-ala korek api (meskipun punya gue juga tetep aja lebih tebel dari korek api XD)

6.  Bikin bumbu, yang terdiri dari 2 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, jahe 1 ruas jari, 2 cabe rawit alias cengek yang warna merah, haluskan. Saran gue sih diulek aja karena bumbunya juga sedikit, kalo bikin agak banyakan baru pake blender bumbu. Ini pun resep aslinya pake bawang bombay, tapi karena di rumah gak ada (dan lagi mahal), jadi gue pake bawang merah. Terus karena pengen lebih strong aja warnanya, jadi tambahin cengek juga, haha..

7. Setelah bubur tepung berasnya dingin, tinggal dimasukkan deh bumbu yang udah dibikin dari poin ke-6 diatas, tambahin sama kecap ikan 3 sdm, cabe bubuk 8 sdt, aduk rata. Kecap ikan ini kalo gak ada, bisa diganti sama kecap asin, atau kalo mau di-skip juga gak apa-apa (tapi kayaknya bakal ngaruh ke perbedaan aroma gitu). Cabe bubuk juga gue pake yang merk lokal, jadi warnanya gak ngejreng kayak gochugaru alias cabe bubuk Korea.

Merk cabe bubuk yang gue pake, warnanya memang gak ngejreng kayak gochugaru. Tapi pedesnyaaa, nendang!
Diambil dari sini
Merk kecap ikan yang gue pake, rasanya ya asin anyir-anyir gitu (karena terbuat dari ikan teri, hahaha)
Diambil dari sini
Di step ini wajib banget untuk cek rasa, kalo kurang asin, tambahin kecap ikannya. Kalo kurang pedes, tambahin cabe bubuknya. Kalo udah pas, langsung masukkan sayuran di poin 5 tadi ke pastanya.

8. Kalo sawinya gak dipotong-potong dulu, pasta yang udah jadi tinggal dioles-olesin ke sawi. Tapi karena punya gue sawinya sudah kecil-kecil, jadi langsung dimasukkan aja ke pastanya, wkwkw.. Aduk sampai rata weh ya, sampai semua sudah tercampur dengan pasta kimchi-nya.

9. Setelah semua tercampur, masukkan ke wadah. Sangat dianjurkan untuk pake wadah berbahan kaca, karena yang fermentasi gini bakal lebih awet di wadah kaca daripada di wadah plastik (makanya SKII FTE yang harganya jutaan tea pake botol kaca, karena isinya hasil fermentasi, hahaha)

10. Diamkan di suhu ruangan setelah 2-3 hari. Dari percobaan gue, kemarin bikin, hari ini udah berfermentasi sih. Terus kalo bisa, di wadahnya jangan kepenuhan. Sisakan sedikit ruang karena proses fermentasi ini akan menghasilkan gas gitu kan. Kalo asem-nya udah pas, bisa deh disimpen di kulkas untuk menghentikan laju fermentasi tersebut, hehe..

Jadinya gini gaes!

Sekian dulu resep kali ini, tadinya mau dibikin di IG story tapi kayaknya gak akan muat. Sekalian aja di-post di blog, sambil bersihin sarang laba-laba karena blog ini sudah lama tidak di-update, hahaha..

Selamat bereksperimen selagi #dirumahaja! :D

Kimchi hamnida! :D

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall