24.12.19

[Resume] Tips Memulai Hidup Sehat oleh dr. Zaidul Akbar

Alhamdulillah akhirnya gue bisa nulis ulang catatan kajian bersama dr. Zaidul Akbar ini yang diadakan di Masjid Daarut Tauhid tanggal 1 September lalu, hahaha.. Telat banget sih ini nge-share nya, padahal udah nulis draft dari bulan September teh, cuma yaa gitu deh dasar males wkwkw. Tapi meskipun telat, semoga tetap bermanfaat! Hehe..

Tentu sudah gak asing dong sama dokter hits yang satu ini, terkenal dengan JSR-nya, alias Jurus Sehat Rasulullah. Bagi yang belum tau, silakan sangat dianjurkan buat kepo-kepo ke IG @zaidulakbar yak! Secara garis besar, JSR ini adalah penerapan sebuah pola hidup (terutama pola makan) yang sehat berdasarkan kebiasaan Rasulullah SAW. Pola tersebut diantaranya memperbanyak konsumsi buah dan sayur, menghindari atau mengurangi konsumsi gula/gorengan/makanan dan minuman olahan, dan rutin minum infused water.

ini salah satu infused water yang pernah gue bikin, seger banget!
Entah kenapa menurut gue, dengan kita nyari tau bahwa dalam Islam sebenarnya pola makan pun udah diatur sedemikian rupa (dan dicontohkan sama baginda rasulullah SAW) segala hal yang berkaitan dengan healthy eating atau eating clean yang juga cukup hits di negara-negara barat terasa jadi lebih make sense. Kenapa? Karena..

Kita mulai dulu aja ke resume-nya yah, haha.. nanti juga tau sendiri :D ini gue membahasakan ulang lagi ya, karena yang dicatat waktu itu kan poin-poin gitu (dengan tulisan yang subhanallah, alhamdulillah masih bisa kebaca juga, wkwkw XD)

Sebagai pembukaan, dr. Zaidul Akbar menceritakan sebuah kisah tentang seorang pengembara yang berjalan sampai di sebuah hutan dan menemukan seorang kakek dengan keadaan tanpa tangan, kaki dan matanya tidak bisa melihat. Tapi dengan keadaan seperti itu, sang kakek selalu bersyukur dan mengucapkan alhamdulillah. Si pengembara heran, kenapa kakek masih bisa bersyukur padahal keadaannya serba terbatas?

Lantas sang kakek menjawab, bahwa beliau bersyukur karena masih bisa mengucapkan alhamdulillah sebagai perwujudan rasa syukurnya sama Allah, ini mashaAllah banget gak sih T.T (malu dong kalo kita gak bersyukur teh). Terus gimana caranya kakek tersebut menjalani kehidupannya sehari-hari? Karena rasanya sulit ngebayangin beliau beraktivitas sendiri tanpa dibantu orang lain. Ternyata beliau dibantu oleh seorang pemuda yang merupakan anaknya. Kakek tersebut juga minta tolong sama sang pengembara buat nyari anaknya.

Yaudah, nyari weh ya si pengembara teh, gak akan susah juga nemu nya karena disana hampir tidak berpenghuni. Jadi kalo nemu seorang pemuda, sudah dipastikan itu teh anaknya si kakek. Ketemulah dia dengan seorang pemuda, tapi sedang dimangsa harimau (apa singa ya? lupa), pada intinya mah ya meninggal weh jadi santapan binatang buas T.T

Pengembara pun ngasih tau ke kakek tersebut kalo anaknya udah meninggal dan jadi mangsa binatang buas. Tapi sang kakek gak sedih, beliau malah bersyukur karena anaknya mati syahid (karena keluar dari gua teh kan pasti nyari makan dll, ini kan jihad, terus di jalan diterkam binatang buas). Gak lama kemudian kakeknya yang nyusul dipanggil sama Allah.. :’)

Si pengembara bingung dong, ini mau ngurus jenazahnya gimana, da di tengah hutan tea. Terus doi berdo’a sama Allah tentang hal tersebut, qadarullah datanglah pasukan dari kerajaan yang semasa itu berkedudukan, pokoknya raja dan pejabat-pejabatnya lah yang pada dateng teh. Pas dateng teh, mereka langsung meluk dan menciumi kening sang kakek yang udah tiada dan ternyata beliau adalah sahabat rasulullah terakhir.. pantesan weh ya sholeh pisan T_T

Nah, apa hubungannya kisah diatas sama kajian tentang tips memulai hidup sehat? Hubungannya adalah : BERSYUKUR

Kita memulai hidup sehat itu adalah sebagai upaya perwujudan rasa syukur atas kenikmatan yang udah Allah kasih ke kita. Karena salah satu tanda keimanan adalah memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh kita. Banyak penyakit yang muncul pun karena kita jauh dari Al-qur’an dan gak tau kebiasaannya (pola hidup) Rasulullah SAW kayak gimana. #jleb kan

Padahal tubuh manusia itu diciptakan dalam keadaan yang sangat sempurna. Jadi kalo ada sakit apalagi penyakit degeneratif yang berkembang sekarang, lebih disebabkan sama pola hidup yang kurang tepat, entah pola makannya atau istirahatnya. Pokoknya kalo waktunya tidur, ya tidur! Waktunya kerja, ya kerja! Waktunya makan, ya makan! Jangan jadi ketuker-tuker atau pabaliut, da tubuh kita teh udah ngerti sendiri timing buat beraktivitasnya.

Kalo kita bener-bener ngikutin syari'at Islam (makan gak berlebihan, rajin puasa, dsb) inshaAllah menyehatkan. Karena zaman dulu juga masa-masa sahabat dan khalifah, gak ada ceritanya kalo mereka adalah orang-orang yang gampang ngantuk karena kekenyangan hahaha.. pokoknya mereka itu adalah orang-orang keren dan gagah secara lahir dan batin! :D

Untuk mempersingkat waktu biar gue gak pusing bikin narasi (hahaha), dibikin poin-poinnya aja yak! Here they are :

1. Kenapa gorengan atau makanan deep fried kurang baik buat tubuh kita?

Karena digoreng pake minyak sawit yang ketika dipanaskan dengan suhu tinggi mengandung lemak trans yang tinggi pula dan bikin kinerja jantung jadi berat. Gue kemudian kroscek dan menemukan beberapa hal, bahwa sebenernya lemak trans (salah satu bentuk lemak jenuh) itu jadi bagian dari minyak goreng setelah ditambahkan zat hidrogen sama produsen biar makanan lebih awet dan meningkatkan cita rasa (sumber). Sayangnya, kita gak bisa tau secara gamblang apakah suatu produk minyak goreng ada hidrogennya atau nggak, paling kita bisa liat di ingredients kalo ada tulisan partially hydrogenated vegetables oil (minyak sayur yang dihidrogenasi), shortening, dan lemak terhidrogenasi (sumber). Tapi gak hanya minyak sawit ya, minyak-minyak lain kalo dipanaskan melebihi smoke point (batas maksimum pemanasan) juga kandungannya bakal rusak dan gak bagus buat kesehatan (sumber).

Selain minyak, tepung juga kurang bagus buat dikonsumsi (tepung terigu misalnya, yang secara umum jadi bahan makanan olahan) karena pH nya asam dan mengandung gluten. Cari sendiri deh ya gluten itu apa, hahaha.. Terus, ternyata protein juga akan rusak kalo dipanaskan. Jadi telur juga lebih bagus telur rebus sih emang (meskipun gue juga pecinta telur ceplok dan omelet sih, hahaha). Intinya mah, jangan terlalu sering makan yang digoreng-goreng, hehehe.. berarti cemilan jaman dulu malah lebih sehat yah, misalnya ubi rebus, pisang rebus, dll..

2. Sarapan yang paling tepat adalah minum air putih dan makan buah. Ini menurut gue paling kerasa sih, dulu mah gak kebayang.. masa sarapan buah doang? Yang lazim kan bubur ayam, nasi goreng, kupat tahu, dll. Tapi setelah membiasakan sarapan buah, kadang oatmeal (kalo lagi rajin wkwkw) malah lebih enak ternyata dan badan lebih energik!

we're good for your breakfast! :D
taken from here

3. Dilihat dari jumlah gigi, kita sebagai manusia tidak didesain untuk sering-sering makan daging (dari 32, gigi taring kita hanya 4 yak sodara-sodara). Jadi kalo gak makan daging setiap hari gak masalah, gak usah merasa missqueen hahaha.. malah lebih bagus, toh sumber protein lainnya juga masih banyak, kayak tempe, kacang merah, jamur, dan lain-lain. Terus ngolah daging juga sebaiknya dipanggang/dioven.

4. Tanda badan bermasalah :

Bawannya lemesss terus, berat badan susah turunnya, baperan alias mood swing (kabar buruknya, mood swing ini ternyata bikin cepet ubanan loh! hahaha), nyeri badan, bad breath (bau mulut), urine terlalu kuning, abdominal pain. Cari sendiri aja yak buat lebih detilnya mah, wkwkw..

5. Setiap makanan olahan dan ditambah zat aditif (pengawet) yang dimakan bikin manusia kehilangan elektronnya pelan-pelan (missing electron). Kondisi tubuh yang kehilangan elektron inilah yang disebut oksidasi, makanya kita sering denger harus konsumsi makanan/minuman yang mengandung antioksidan supaya si elektron-elektron yang hilang tadi bisa stabil kembali. Karena kalo gak di-handle antioksidan, sang missing electron bisa ngerebut elektron-elektron dari sel lain, bikin kacau gitu deh (sumber).

6. Kesehatan yang sejati : munculnya vitalitas badan. Ini hanya bisa didapatkan kalo kita mengurangi makan. Makanya dalam sebuah hadits, rasulullah SAW bilang kalo perut manusia itu dibagi 3, 1/3 buat makan, 1/3 buat minum, 1/3 buat udara. Lagian kata beliau juga, makan itu semata-mata buat menegakkan punggung (supaya lebih mantap beribadah) bukan buat kenyang apalagi kenyang banget sampe ibadah gak khusyu :(

7. Try these challenge!

a. Coba deh dalam 3 hari, porsi makannya lebih banyak sayur dan buah! Bakal ngaruh loh sama bau badan, jadi berkurang, hahaha..
b. Detoks badan alami : air kelapa muda (dawegan/degan) diblender sama kurma dan/atau 1-2 kapsul habattusauda/jahe/kunyit
c. Kurma adalah sumber prebiotik terbaik. Coba makan kurma dan minum air anget tiap pagi, rutinkan!

8.  Biasakan BERPUASA! Jadikanlah puasa sebagai lifestyle kita. Karena lapar itu sensasi di pikiran, bukan di perut. Gak percaya? Rutinkan puasa untuk memastikan kebenarannya hahaha (sambil ngomong sama cermin, wkwkw)

9. Buat perempuan, kalo haidnya bermasalah.. berarti berpotensi untuk bermasalah di badannya juga. So, beware gals! Mulai dibenerin pola makannya dari sekarang, pelan-pelan ajaa yang penting berprogress hehe.. misalnya dengan ngurangin konsumsi gorengan dikit-dikit. Gue pribadi ngurangin konsumsi mie instan, jadi sebulan sekali. Sekalinya makan teh pengen nangis terharu HAHAHA soalnya nikmatnya kerasa nambah berkali-kali lipat, wkwkw

10. Jangan banyak makan, sekalinya makan harus yang berkualitas. Karena kalo banyak makan, terlalu banyak pula sampah metabolisme yang gak terurai.

11. Sebelum makan, tanya dulu sama diri sendiri: makanan ini bisa bikin saya sehat atau sakit? Selain itu gaes, apa yang kita makan akan membentuk GEN! Gen ini juga yang bakal diturunin ke anak-anak kita kelak, ternyata makan tidak sesederhana itu ya gaes.. sikap (behavior) kita juga dipengaruhi oleh apa yang kita makan. Remember : you are what you eat!

12. Komponen tubuh kita exactly mirip dengan komponen tanah. So? Balik lagi ke produk-produk alam. Perbanyak konsumsi makanan alami alias whole food.

13. Protein terbaik yang dimiliki negeri kita adalah TEMPE! Terus ternyata sebaiknya konsumsi tempe itu mentahnya hahaha. Eh, tempe mentah juga oke loh buat obat maag, apalagi dia sumber probiotik juga! dr. Zaidul Akbar ngerekomendasiin buat makan tempe mentah di-slice gitu sama kurma (jadi kayak sandwich tempe mentah - kurma), karena perpaduan probiotik dan prebiotik yang pastinya oke buat badan :D tapi gue juga belum nyobain sih, hahaha..

14. Good food is good mood! Kalo makanan kita baik, mood kita juga baik, hihi.. Kita juga bisa mengubah gen-gen yang rusak dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat!

The most important decision you will ever make is to be in a good mood (unknown)
taken from here

15. Beberapa kekayaan alam Indonesia yang OKE BGT (mostly rempah-rempah yang menjadi alasan kenapa bangsa-bangsa lain rebutan ngejajah negara kita) :

a. Kunyit campur santan (santan asli alias bukan kemasan, dan gak dipanaskan) : salah satu anti nyeri, peradangan, anti aging
b. Jahe : memakan radikal bebas
c. Kayu manis : memperbaiki masalah ginjal, pankreas
d. Kayu manis + nanas : efeknya luar biasa (gue lupa kagak nulis efeknya apa, cuma nulis luar biasa aja hahaha)
e. Bonggolnya nanas + habbatussauda : buat sinusitis
f. Lada, lada hitam : cari sendiri deh fungsinya apa hahaha
g. Kopi : fat burner alias pembakar lemak, tapi ini kopi asli yaa dan tanpa gula!
h. Kopi + cokelat : mood booster!
i. Pisang : produsen hormon bahagia alias serotonin, bahkan kulitnya juga mengandung hormon bahagia yang lebih banyak daripada dagingnya. Kata dr. Zaidul Akbar, coba aja diblender pisang beserta kulitnya, hehehe
j. Kurma yang agak mentah : bagus buat liver
k. Kurma yang matang : bagus buat lambung

16. Berbekam : salah satu cara untuk memperbaiki metabolisme

17. Gula aren lebih baik daripada gula pasir

18. Semahal apapun buah impor, buah-buahan lokal yang tumbuh alami tanpa perlakuan kimia selalu lebih baik!

19. Pestisida bisa dihilangkan dengan cara dicuci pakai air baking soda atau air garam

20. Makan buah mulu bikin kembung? Imbangi dengan minum yang hangat biar gak sering buang angin (misalnya air rebusan/infused rempah-rempah)

21. Resep buat autoimun : minum air rebusan sereh

22. Resep GERD : jahe + kurma diblender, disaring

23. Sumber mineral : rimpang, sayur, prebiotik, probiotik

Kita memperbaiki pola hidup (termasuk pola makan) salah satunya untuk membangun peradaban Islam yang tangguh, karena seperti yang udah disinggung diatas, bahwa sebenernya makan itu bukan sesuatu yang ecek-ecek. Tapi bakal berdampak jangka panjang bukan hanya buat kesehatan kita, tapi kesehatan anak-cucu kita kelak. Selain itu juga biar ibadah teh semakin mantap!

Emang ngaruh? Euh.. bukan lagi, ngaruh banget! Gue pernah pas makannya gak bener, atau kekenyangan gak jelas, shalat teh gak khusyu weh.. kadang batal di tengah-tengah raka'at wkwkw (aib) sampe mamah geleng-geleng kepala. Tapi kalo makannya bener, ibadah juga alhamdulillah lebih enak, hihi..

Memberi asupan terbaik buat tubuh juga merupakan sedekah pada diri sendiri, mungkin bahasa kerennya mah apa ya.. investasi? hahaha.. Badan kita juga canggih loh, bisa recovery sendiri asalkan asupannya sehat dan kitanya rajin puasa, hehe. Masih gak yakin? Gih, cobain aja dulu rajin makan buah, sayur, olahraga, puasa, pasti kerasa deh efeknya! Minimal banget nih, kitanya jadi lebih fit dan fresh gitu.

So yeah, semogaaa postingan yang panjang ini bisa bermanfaat. Gue juga belum yang full eating clean banget sih hahaha.. tapi sejauh ini udah ngebiasain sarapan sama buah, lebih banyak makan sayur dan buah, ngurangin makan gorengan, dll, hehe alhamdulillah.. Yuk, kita sama-sama belajar buat hidup lebih sehat ya! Semangat, gaes! :D

Eat less from the box, eat more from the earth!
Taken from here

2 comments

© KATATINA
Maira Gall