6.3.10

Perbuatan Baik

Perbuatan Baik
The Best of Bits & Pieces

Peristiwa ini terjadi ketika Abraham Lincoln sedang berkunjung ke sebuah rumah sakit tempat para prajurit yang terluka selama Perang Saudara dirawat.

Abraham Lincoln menghampiri seorang prajurit yang lukanya terlihat sangat parah.

”Ada yang bisa kulakukan untukmu?” tanya Abraham Lincoln.

Sang prajurit menjawab dengan tersengal-sengal, ”Maukah Anda... menulis surat... untuk ibuku?”

Abraham Lincoln menyanggupinya, prajurit itu pun mendiktekan isi surat untuk ibunya...

”Ibu sayang,
Aku terluka sangat parah... ketika aku sedang mengabdi pada negara.
Tampaknya... aku tak bisa bertahan lama,
Jangan sedih... bahwa aku akan mendahuluimu.
Sampaikan ciumku... pada John dan Mary... dariku.
Aku akan berdo’a...
Tuhan akan memberkati kita.

PS : Surat ini didiktekan oleh anakmu kepada Abraham Lincoln”

”Perlihatkan suratnya padaku... yang telah Anda... tulis, dan... akan diterima ibuku.”

Abraham Lincoln pun segera menyerahkan suratnya kemudian prajurit membacanya dengan susah payah.

”Apakah Anda benar-benar Presiden Abraham Lincoln?”

”Ya, benar. Ada lagi yang bisa kubantu?”

”Maukah Anda... memegang tanganku?? Jika Anda mau... melakukannya... rasanya... aku dapat pergi dengan tenang”

Presiden itu pun memegang tangan prajurit dengan penuh ketulusan.

”Apakah Anda masih... memegang tanganku?”

”Aku sedang memegang tanganmu”

”Anda pasti sibuk... sekarang boleh lepaskan tanganku”

”Kau prajurit yang baik. Putra bangsa Amerika Serikat yang baik. Betapapun sibuknya aku sebagai presiden Amerika Serikat, aku wajib mendampingi warganegara kami seperti kau ini. Itulah alasan mengapa ada seorang presiden di negara ini...”

Abraham Lincoln memegang tangan prajurit hingga prajurit tersebut menghembuskan nafas terakhirnya...

Sekilas tentang Abraham Lincoln :

Abraham Lincoln berhenti bersekolah pada kelas 9, dan dia membutuhkan waktu 17 tahun untuk membayar utangnya ketika bisnisnya bangkrut. Dia gagal dalam pemilihan kongres, gagal dalam pemilihan senat, dan gagal dalam pemilihan wakil presiden. Tetapi, akhirnya dia dipilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke-16, membawa kemenangan dalam Perang Saudara, dan dia juga menghapuskan perbudakan. Sekarang dia menjadi salah satu mantan presiden Amerika Serikat yang paling dihormati.

Kutipan-kutipan Abraham Lincoln yang terkenal :
Jika tidak ingin diperbudak, janganlah memperbudak orang lain
Teman terbaikku adalah siapa pun yang memberiku buku untuk kubaca
Jika kita ingin memenangkan hati seseorang, pertama yakinkan dia bahwa kita tulus berteman dengannya
Aku mencabuti rumput liar dan menanam bunga di tempatnya akan bertumbuh
Aku tidak tahu siapa kakekku. Aku lebih peduli untuk mengetahui apa yang akan terjadi pada cucu-cucunya
Yang terbaik tentang masa depan adalah datangnya dari hari ke hari

Adapted by ”Chicken Soup for the Soul” (Graphic Novel)

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall