5.5.19

Dikejar-kejar Preman (!)

Cerita ini adalah versi lengkap dari sepenggal kalimat yang sempet gue singgung di postingan ini. Kejadiannya sekitar bulan Maret deh kayaknya. Semoga aja bisa jadi pelajaran buat gue dan semua yang baca, hehe.

Gue lupa sih tepatnya hari apa itu teh, tapi adik gue waktu itu lagi libur (da udah kelas 3 mah suka rada geje tea gening jadwal sekolah teh). Jadi hari itu adik gue nganter gue ke kampus sekalian mau ngopi (emang coffee addict gitu doi, dan iya dia sehari-hari pake motor sedangkan gue ngangkot, wkwkw).

Awalnya perjalanan kami lancar jaya, sampai pas di Jl. Dipenogoro, belakang Badan Geologi banget, tiba-tiba ada pengendara motor berboncengan juga, mereka mepet-mepet kemudian yang diboncengnya nanya (sambil megang hape dan rada teriak pastinya), katanya "teh, tau yang namanya Putri Ayu Wulansari?". Gue cuma geleng-geleng kepala, terus adek gue bilang kalo itu mah sama kayak kejadian yang di Sucore beberapa bulan lalu!


Well, kita flashback sebentar. Sebelumnya, pada beberapa bulan lalu itu adik gue memang mengalami kejadian yang gak mengenakkan. Ketika dia lagi latihan di Sucore dalam rangka persiapan pentas seni di sekolahnya, tiba-tiba ada bapak-bapak preman yang ngedatengin tempat tersebut dan nanya siapa pemilik motor honda beat berwarna merah-hitam di depan (which is adik gue), karena katanya pemilik motor tersebut ada tagihan yang belum dilunasi, dan nyinggung-nyinggung BPKB gitu lah.
Ibu tersebut masuk ke dalam tempat latihan dan seketika suasana jadi tegang. Temen adik gue bilang, sebaiknya jangan dikasihtau kalo pemiliknya ada disini, karena kakaknya dulu pernah kejadian ada yang gitu juga, BPKBnya dikasiin terus motornya diambil, udah weh lapur cenah. Adik gue langsung nelpon mamah, terus ibu tadi juga bilang aja ke si preman-preman kalo pemilik motornya gak ada, lagi jalan tadi sama pacarnya, sebagai upaya untuk mengelabui mereka.
Akhirnya mamah dateng kesana tapi preman-premannya udah gak ada, ditungguin juga ternyata gak balik-balik lagi. Abis itu adik gue sempet vakum pake motor selama 1-2 mingguan nunggu keadaan biar aman.

Enough for flashback. Siapa yang nyangka, ternyata mereka malah muncul lagi, saat di jalan pula -_- Gue dan adik gue langsung panik tingkat nasional, adik gue minta gue nunjukin arah ke kantor polisi. Sialnya, ketika kadar kepanikan terlalu tinggi, gue gak bisa berpikir jernih sehingga gak inget kalo di Gasibu teh ada pos polisi.. Gue malah nyuruh adik gue belok kiri menuju Badan Geologi (gerbang depan), karena hanya tempat tersebut yang paling nempel sama memori spasial gue di daerah sana.

Disana juga satpamnya banyak, seenggaknya bisa cukup membantu. Setelah sampai di gerbang depan, gue turun dan langsung minta tolong sama bapak-bapak satpam, kalo kami butuh bantuan karena ada (orang-orang mencurigakan) yang ngejar-ngejar. Pak satpamnya nanya kejadiannya gimana, terus gue jelaskan. Preman-premannya juga ikut masuk gerbang, tapi gak dibolehin masuk ke pos satpam.

Mereka sempet nantangin katanya bawa aja ke Polisi, biar dibereskan disana. Pak Satpam juga asalnya nyuruh gue sama adik gue buat ngikut mereka aja ke Polisi, tapi gue nolak. Karena gue masih berpikir gak aman, gimana kalo sebelum nyampe Pos Polisi, gue sama adek udah abis duluan? Gue minta mereka tunggu aja, karena gue sempet ngehubungi Bapa, Mamah, dan Pa Abang buat dateng. Sempet nanya Kang Tio, tapi ternyata lagi gak di kampus. Mau ngehubungi Riko, tapi pasti lagi ngajar. Jadi, yaudahlah ya haha.

Soalnya waktu itu gue takut banget, asli. Mungkin itu shock terparah yang pernah gue alami. Pak Satpam juga marah-marah ke premannya dengan bilang, "kasian itu anak-anaknya ketakutan!" Terus setelah bilang gitu, gue liat ada salah satu dari mereka yang senyum sebelah bibir ala-ala mencibir gitu. Gue mendadak merasa gak terima.. Maksudnya apa coba kayak gitu? Ngehina? Gara-gara kami ketakutan? Gara-gara kami yang bocah-bocah ini dan badan mereka yang besar dan kekar?

Akhirnya gue pelan-pelan mulai beristighfar dan baca laa haula wa laa quwwata illaa billah, berkali-kali sampai bisa cukup tenang dan ingat bahwa Allah akan melindungi kami, bahkan bantuan dari bapak-bapak satpam juga Allah yang menggerakkan. Gue mengusap-usap pundak adek gue, ngebayangin gimana dia dulu ngalamin kejadian di Sucore itu.

Bener ya emang, dengan mengingat Allah-lah hati akan menjadi tenang. Alhamdulillah, saat itu gue sudah mulai bisa ngobrol dengan lancar ketika pak satpam nanyain kami mau kemana. Adek gue bilang, nganter teteh ke UPI. Beliau nanya, gue jurusan apa di UPInya, gue jawab aja Geografi. Ya, pokoknya gue masih disangka mahasiswa hahahah..

Kemudian, bapa gue pun dateng dan markir mobil di depan Masjid Badan Geologi. Langsung deh diajak ngobrol sama preman-premannya. Gue sama adik gue ngikutin, karena takut terjadi apa-apa. Tapi ya emang udah karakter mereka ya, ngobrolnya tuh gak santai banget, nge-gas mulu. Jadi para preman agen leasing itu menganggap bahwa pemilik motor adek gue punya tunggakan utang yang belum dibayar. Katanya namanya Putri Ayu Wulansari, padahal tangan pertama yang punya motor adik gue adalah Putri Ayu Wulandari, dan kami sama sekali gak pernah punya masalah dalam hal cicilan sampe lunas bertahun-tahun yang lalu.

Udah tau salah, mereka masih ngotot, katanya mungkin ini salah ketik aja (data di hp mereka) dan keukeuh kalo pemilik motor masih punya tunggakan. Ditanya BPKB, bapa gue gak bawa karena ada di mamah (yang lagi otw juga ke Badan Geologi sama tetangga gue, sebut saja Bapa I yang merupakan ojeg andalan se-kelurahan). Mana bapa gue lagi buru-buru pula karena ada mesti pick-up barang.

Kemudian datanglah Pa Abang, yang gue ngakunya adalah paman gue, hahaha.. Beliau sempet berusaha ngobrol sama mereka, tapi ya gitu lah, yang ngutamain otot gitu mah susah diajak ngobrol pake akal sehat. Terus Pa Abang memutuskan buat ke polisi terdekat dan nanyain mesti gimana baiknya. Sesaat kemudian, datanglah mamah dan bapa I ke Badan Geologi. Setelah berdiskusi, bapa gue pun melanjutkan perjalanannya buat pick-up barang dengan mempercayakan ke mamah buat nge-handle.

Mamah pun ngobrol sama preman-preman itu, dan kata mereka harus ke kantor leasing-nya buat mencocokkan data. Jadi, mereka sama sekali gak bawa data lengkap, cuma bawa data nama pemilik motor sama plat nomor motor doang coba. Sungguh gak profesional. Kemudian pa abang dateng dan bilang kalo mau mah, ngobrolnya di tempat polisi aja yang di gasibu itu. Tapi kata mamah gak apa-apa, gak usah, bisa diberesin kok katanya.

Akhirnya mamah gue pun ke kantor leasing-nya di Gatsu, gue disana masih setengah-setengah antara percaya-gak percaya itu beneran preman agen leasing apa begal penipu. Tapi kalo begal, terlalu tipis juga sih kemungkinannya buat ikut masuk ke Badan Geologi sejak awal, pasti udah kabur duluan. Kalo preman agen leasing beneran dan emang mereka bener, kenapa baru datang dan nagihnya setelah motor udah 9 taun ada di rumah gue dan sudah lunas? Situ preman agen leasing apa Rangga AADC? :(

Adek gue sempet nangis sih, yaiyalah, gila aja. Udah mah khawatir mamah kenapa-kenapa, motor juga gimana, aaarggghh!

Jadi aja mamah sama bapa I kesananya pake motor adek gue dan adek pake motornya Bapa I untuk memastikan kalo semua akan baik-baik aja. Gue sama adik gue pun ke kampus sama pa abang, dan gak lupa sungkem juga sama bapak-bapak satpam yang udah banyak ngebantu kami. Salut sih gue, helpful banget mereka, padahal posisinya kan gue orang lain gitu yah, bukan pegawai atau anak pegawai disana. Waktu para preman ngobrol sama bapa, pa abang, mamah, bapa I, suka ada juga 1-2 satpam yang ikut ngawasin, mashaAllah. Semoga Allah selalu memberi balasan yang terbaik untuk bapak-bapak satpam tersebut, aamiin..

Gue balik ke kampus tuh udah siang aja lah pokoknya, sekitar 15 menitan sebelum dzuhur. We lost so much time. Alhamdulillah, pas gue hubungi mamah, semuanya baik-baik aja, sekitar jam 1-an lah kayaknya.

Pas balik ke rumah, pasti gue tanyain dong detail-nya gimana karena penasaran. So, ternyata emang para preman itu salah (tapi ngotot ngerasa bener). Udah mah nama orang yang punya motornya teh beda sehuruf, plat nomor beda seangka pula. Pas dicocokin data selanjutnya juga gak ada yang cocok, tanggal lahir beda, alamat juga beda. Katanya, orang yang mereka maksud itu punya pinjaman ke bank perkreditan tersebut dengan motor sebagai jaminan, terus udah 8 bulanan nunggak. Udah didatangi ke alamat yang ada, tapi nihil, mungkin orangnya udah pindah. Akhirnya mereka nemu motor adik gue yang katanya emang mirip banget dan yakin sama pikiran mereka sendiri padahal jelas-jelas datanya beda.

Kejadian di Sucore pun emang mereka juga -_- Terus akhirnya mereka minta maaf, apalagi waktu ngobrol sama bapa gue sampe hampir berantem karena sama-sama pakeukeuh-keukeuh. Diceramahinlah para preman tersebut sama mamah gue karena sudah bikin anak-anaknya panik dan ketakutan, dan mamah gue juga ngancam mereka kalo ada kejadian gini lagi, gak akan segan-segan lapor polisi.

Gue tersadar dari kejadian ini, bahwasanya gue ternyata belum cukup dewasa dalam meng-handle masalah, gue masih belum jadi perempuan yang kuat kayak mamah. Gue juga belajar bahwa kalo kita benar, kita gak perlu ngerasa takut, seperti yang mamah tunjukkan. I owe so muuuccchhhh to her! T^T

Selain itu juga jadi pelajaran, kita gak boleh ngotot kalo salah, dan plissss... think more before we act. Karena ternyata kejadian kayak gini cukup menimbulkan sedikit trauma pada psikologis seseorang. Waktu gue naik ojek sama Bapa I ke kampus, ada pengendara motor yang tiba-tiba mendekat terus gue langsung nge-DEG gitu, ternyata mereka adalah temennya Bapa I dan nyapa-nyapa gitulah. Pas gue nunggu angkot depan ITENAS juga, tiba-tiba ada driver ojek online yang nyamperin terus senyum. Wah, gue udah rada takut aja terus mau kabur wkwk, terus si bapa driver nanya, "yang pesen gojek kan?". "Oh, nggak pak" kata gue, padahal gue tidak sedang megang hape, kasian juga sih karena sampai gue naik angkot pun, beliau masih terlihat bingung gitu nyari penumpang yang pesennya.

Coba kalo para preman tersebut mikir panjang, apa mereka gak kesel kalo anak-anaknya ada yang ngalamin kayak gini juga? Gue bukan ngedo'ain, tapi seenggaknya pikiran-pikiran tersebut akan membantu kita biar gak sembrono dalam bersikap. Sebelum eksekusi juga pastiin lah yang dimaksud emang bener, berdasarkan data-data yang ada. Tapi ya udahlah ya, semoga mereka dikasih hidayah, aamiin. Toh dari situ juga gue belajar untuk terus berusaha lebih mendekat kepada-Nya, depend everything to Him, because I'll be nothing without Him T.T

Last but not least, gue tau bahwa orangtua akan selalu siap pasang badan untuk menjaga anak-anaknya. Maka dari itu, kita harus selalu berdo'a untuk kebaikan mereka. Semoga Allah senantiasa menjaga dan melindungi kedua orangtua kita, untuk yang orangtuanya sudah berpulang pun semoga Allah memberi cahaya dan nikmat kubur untuk mereka, dan semoga.. kita akan dikumpulkan lagi dengan orang-orang yang kita sayangi termasuk kedua orangtua kita di surga-Nya kelak, aamiin ya rabbal 'alaamiin.. :')

Selamat menunaikan ibadah shaum besok ya, gaes! Jangan lupa malam ini shalat tarawih! Semoga kita bisa beribadah dengan maksimal di bulan suci ini, 'pesantren' sebulan untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi, aamiin! :D

Yes~
Taken from here

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall