18.4.18

Istirahat dari Instagram-an

Logo instagram lama vs baru
Diambil dari sini

Dulu gue menganggap kalo aplikasi ini tuh keren dan elegan gitu, soalnya belum terkontaminasi sama info-info hoax dan emang belum terlalu banyak yang pake kali ya. Pas awal-awal doi ganti logo dan diakuisisi sama aa-aa berinisial MZ, gue mulai ngerasa ada yang aneh. Kerasanya jadi 11-12 aja gitu sama fesbuk, terus makin kesini makin bikin pusing serta addictive dan gue ngerasanya mental gue jadi kurang sehat gitu, halah! Hahaha..

Akhirnya gue memutuskan untuk break dulu dari aplikasi ini. Ponsel gue kan bukan Android masa kini yak, sudah melewati proses rooting juga tapi tetep aja kagak ngaruh buat memperluas memori internal-nya karena sistem hp-nya sendiri udah ngabisin banyak ruang. Jadi ya udah deh minggu kemarin gue reset hapenya ke factory setting dan setelah itu gue gak install ulang IG hehe.

Berikut ini gue jabarkan beberapa hal yang bikin gue pengen rehat dulu maen instagram..


Memori dan Kuota
Ini mah udah dibahas di awal kan ya, keterbatasan memori internal gawai beta membuat beta harus pandai-pandai memilih aplikasi untuk dipasang. Dulu waktu pake aplikasi ini juga dipindah ke SD Card sih, tapi tetep aja kalo ada peringatan storage udah kepenuhan, si instagram ini mesti di clear data juga biar hp gue bisa napas lagi wkwk. Penambahan fitur insta-story juga ikut andil dalam pemakaian kuota, belum lagi kalo ada yang posting video-video gitu. Meskipun yang paling nyedot mah kalo streaming youtube sih hahaha..

Ngabisin Waktu
Paling gak kerasa pokoknya mah kalo maen IG teh hayoh weh nge-scroll timeline terus explore-explore tau-tau puluhan menit dilewati tanpa faedah yang berarti -___-
Apalagi waktu gue masih nge-follow akun gosip paling hits se-jagat-instagram-Indonesia, beuhhhh.. bahkan terakhir juga walaupun gue udah unfollow akun tersebut, gue masih sempet ngikutin kontroversi yang katanya transgender tea, rajin pisan si tina -_____-

Soal Follow-follow-an
Mungkin ini agak pribadi dan bisa aja orang nganggapnya lebay atau apalah. Tapi, ketika nge-follow temen yang udah kenal baik selama bertahun-tahun terus gak difolbek tuh hmm ya gimana ya.. kayak sakit tapi gak berdarah gitu hahaha, renyah pokoknya. Mana gue mah (dulu) rawan overthinking gitu anaknya teh, jadi sampe mikir : apakah gue bukan teman yang worth untuk di follow balik gitu ya?
Padahal mah sih kalo gak difolbek gitu sederhana aja, artinya ya lau gak termasuk orang yang penting sehingga mereka mesti balik nge-follow dan liat apdetan lau~
Belum lagi kadang suka ada juga yang nge-follow sampe minta difolbek tapi pas udah difolbek, gak lama kemudian orangnya unfollow kita, apa banget dah..

Takut Gak Bersyukur
Nah, ini agak panjang kayaknya haha. Di satu sisi, instagram is about the highlight of you; mostly yang di-post tuh yang bagus-bagus gitu. Yaealah, masa mau nge-posting yang tidak bagus? Gak mungkin toh.. karena gua juga begitu sih, wkwk.
Sering banget gue nyasar ke akun orang-orang yang gak gue kenal, misalnya selebgram-selebgram gitu. Liat mereka yang pada mulus dan kurus kadang bikin minder sendiri, hahaha..
Terus ketika timeline mendadak jadi posyandu yang isinya foto-foto anak ataupun dipenuhi sama foto-foto yang nikahan, tunangan, dsb. Belum lagi postingan orang-orang yang travelling kesana-sini.
Kadang gua jadi ngerasa, apakah hidup gue ini tergolong gak normal? Belum punya pekerjaan yang bonafit dengan penghasilan yang tinggi, belum bisa travelling ke tempat-tempat yang keren, belum ketemu jodoh, dsb dsb dsb kalo dijelasin semua mah gak akan beres haha. Pokoknya kalo lagi kepikiran yang gitu meskipun gak sengaja dipikirin, ya serasa jadi beban juga sih, asa banyak kurang aja gitu. Yah, perilaku membanding-bandingkan apalagi diri sendiri dengan orang lain kan sungguh tidak terpuji, soalnya lebih banyak mudharat-nya ketimbang manfaatnya, haha..
Padahal mah kalo dipikir ulang, gue ini wajib banget bersyukur atas segala nikmat dan karunia-Nya dalam hidup gue. Allah ngasih gue kesehatan, semua anggota tubuh yang Allah titipkan ke gue alhamdulillah berfungsi dengan baik, keluarga gue juga sehat semua, kami tinggal di tempat yang nyaman, gue diamanahkan pekerjaan yang baik pula, gue bahkan masih bisa nulis ginian pake komputer kantor setelah selesai mengerjakan tugas-tugas gue tanpa kekhawatiran satu hal apapun. "Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"


Gak tau sih apakah gue ke depannya bakal install lagi atau nggak, mungkin kalo gue udah gak labil-labil amat kali ya haha. Palingan ntar pakenya seminggu-dua minggu sekali gitu, pokoknya ketika gue udah punya kendali diri sendiri yang cukup aja. Karena selain yang sudah gue sebutkan diatas, ada pula manfaat yang gue dapat, misalnya bisa gue jadiin gallery buat nyimpen hasil jepretan atau moment tertentu, bisa ngontak orang-orang yang gue gak punya nomornya, dll.

And yeah, gak ada instagram di hp gue juga bikin intensitas megang hp berkurang, biasanya kan dikit-dikit hp-dikit-dikit hp. Gue jadi lebih bisa untuk ngademin kepala ini meskipun sebentar. Tapi tentu semua yang gue tulis ini dari sudut pandang gue aja yah, bisa jadi buat yang lain mah instagram teh inspiring banget, ngasih feedback positif di hidup mereka atau bahkan bisa jadi keran rezeki juga, that's great!

Well, eng.. gue bingung mau pake kalimat penutup apaan haha. Sekarang lagi peralihan dari musim hujan ke kemarau, jadi stay hydrated, jaga kesehatan semuanyaaaa!

Yes, absolutely!
Taken from id.pinterest.com

UPDATE 19 MUHARRAM 1440 H/30 SEPTEMBER 2018 :
Dari lebaran kemarin (Idul Fitri 1439 H), gue bikin akun IG baru hahaha.. tapi gue jadiin pure online gallery, buat nyimpen hasil jepretan iseng-iseng aja. Gak nge-follow orang dan gak ada yang follow juga, karena gue gak pake nama juga di Bio nya hahaha.. cuma username nya @ohayoutina, karena gue selalu suka suasana pagi yang penuh semangat! XD
Gak taunya pas beberapa hari kemarin tiba-tiba ketauan sama salah satu sohib gue, hahahah.. ya udah deh akhirnya nge-follow-follow lagi :v Bedanya, sekarang gue jarang banget buka ini aplikasi, gak addicted kayak dulu lagi hehe. Ini sekedar klarifikasi kok, biar gue tidak dianggap hipokrit, wkwkw..

UPDATE 31 OKTOBER 2019 :
Akhirnya gue ganti username IG, balik lagi ke @tinanfaidah karena satu dan lain hal. Hahaha.. gak penting banget dah ini info :v

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall