18.5.13

Between Lombok, KKN and Writing Project

Hey, guys! Lagi rajin nih gue update blog, hahaha.

Well, gue mau cerita, hari Senin tanggal 20 Mei 2013 gue mau ke Lombok!!! Yipiiiii~ XD
Tapi bukan buat jalan-jalan sih, disana gue mau melaksanakan KKL alias Kuliah Kerja Lapangan tahap 3. Ada yang bilang namanya PKL alias Praktek Kerja Lapangan, sama aja deh. Jadi kalo di jurusan gue, PKL atau KKL itu terbagi ke dalam 3 tahap sesuai tingkat kuliah masing-masing juga dengan bahasan masalah yang beda.

Diawali sama tahap 1 pas semester 2 (tingkat 1) dengan bahasan identifikasi, yaa jadi baru tahap memaparkan di lokasi penelitian itu ada fenomena apa aja sih (yang berkaitan sama tema juga pastinya) kemudian naik ke tahap 2 pas semester 4, bahasannya komparasi, jadi lokasi penelitian dibagi dua contohnya di hulu sama di hilir, nah ntar dibandingin deh perbedaan dan persamaan fenomena yang ada disana tuh kaya gimana aja? Berlanjut ke tahap 3 (semester 6) kita udah masuk ke bahasan problem solving, so~ ini udah kompleks mulai dari identifikasi sampe rekomendasi dari kita buat pemecahan masalah yang ada di lokasi penelitian.

Nah... Kali ini kita dapet tema "Pariwisata dan Ekonomi Kreatif", dan praktikum kali ini adalah praktikum yang paling enak karena nginep di hotel dan semuanya diurus sama travel. Yaa.. biasanya anak-anak Geografi itu kalo praktikum selalu blusukan, kali ini ngga haha. Nanti di Lombok, kita bakal wawancara banyak pihak mulai dari instansi-instansi terkait, pengelola pariwisata, pengelola industri kreatif, para pengrajin, wisatawan baik itu domestik ataupun asing, dan masih banyak lagi, hoho~

credit to Ricky P. Ramadhan

PKL/KKL tahap 3 ini makan waktu 10 hari, perjalanan bulak-balik 4 hari karena naik bus, jadi waktu efektif buat penelitian itu ya 5 hari karena 1 hari sisanya bakal dipake buat maen di Bali sebelum balik ke Bandung, ahaha :D 

Persiapan pun harus maksimal, jangan sampe ada yang ketinggalan. Apa aja yang mesti dibawa? Well, baju ganti pastinya haha, terus instrumen penelitian mencakup lembar observasi dan wawancara, kamera digital yang baru dibeli wkwkwk, dan hal penting yang jangan ketinggalan kalo lo mau pergi ke tempat yang panas adalah sunblock! Bukan berarti dengan pake sunblock, lo bakal terhindar dari proses tanning ya, tapi seenggaknya efek negatif dari sinar UV bakal ada yang nahan atau ngefilter gitu deh dan FYI, kalo rutin pake sunblock dari usia muda at least by early 20's, sama dengan perawatan anti-aging, eeaaa~

amunisi per-sunblock-an gue, hahaha
Parahnya, gue sama temen-temen baru nyiapin buat ke Lombok itu ya sekarang-sekarang ini, dari hari Kamis lah baru pada sibuk persiapan gitu, gara-gara kemarin-kemarin dikuras abis sama ngerjain laporan mata kuliah lain. Selain itu, pas gue buka grup angkatan 2010 di facebook, mereka udah pada sibuk ngomongin KKN, oh my God! Bahkan gue ga inget sama sekali tentang KKN sedangkan mereka udah riweuh ngebahas tempat KKN dan ngajak orang-orang buat KKN bareng.

Buat tema aja masih ga jelas deh gue mau milih yang mana, tapi kayaknya gue prefer ke PAUD sih, soalnya biar gue awet muda (what?!) hahaha xD gue mau milih lokasi yang deket rumah, jadi gue bisa ngirit ongkos dan selain itu juga ada hal-hal yang harus gue kerjakan juga. Daftar online KKNnya tanggal 23-27 Mei pula, bertepatan sama KKL, padahal gue ga niat sama sekali bawa laptop. Mungkin nanti gue mau nebeng aja sama temen yang bawa haha atau gue minta bantuan sama temen yang ada di Bandung buat ngedaftarin KKN heuheu. Jadi berandai-andai deh, seandainya gue punya Ipad mungkin gue bakal santai-santai aja hehe :P

Terus pas hari Kamis kemarin gue dateng merapat ke Aksara. Apa sih Aksara? Oke, gue cerita singkat dulu ya. Jadi, Aksara itu adalah satu dari sekian banyak unit kegiatan yang ada di Salman ITB. Nah, unit-unit disana terbuka buat siapa aja loh guys, jadi lo ga harus jadi anak ITB dulu buat join unit di Salman, jadinya bener-bener heterogen banget sih yang gue rasain, udah mah kampusnya pada beda, jurusannya beda pula, lucu aja kalo ngobrol pasti pada punya sudut pandang yang khas dari setiap orang, perbedaan itu emang indah hahaha :D Unit-unit disana bergerak di bidang yang berbeda-beda, kalo Aksara sendiri adalah unit kegiatan literasi, jadi lebih ke dunia baca-tulis gitu dengan program-program seperti Majelis Buku, jadi ada orang yang baca buku kemudian bikin resensi, terus cerita di majelis itu, err~ semacam presentasi kali ya, tapi ga formal juga, abis itu diskusi bareng tentang buku itu sama temen-temen yang hadir disana yang diskusi itu biasanya bakal asik karena akan meluas ke berbagai hal tapi masih berkaitan sama konten buku dan masih banyak lagi program lainnya haha.

Nah, balik lagi, dengan tumbennya gue ikut rapat biasanya ngga soalnya lebih sibuk di kampus *so'sibuk banget deh gue*, dan ternyata ngebahas sebuah proyek buku, jadi ceritanya kami-kami yang calon penulis ini *aamiin* mau bikin sebuah buku dengan tema, err~ ada deh~, wkwkwk. Tapi deadline-nya itu tanggal 31 Mei 2013, itu berarti gue harus bikin tulisan dari sekarang biar pas deadline bisa langsung dikirim ke emailnya. Selain itu juga hasil penelitian di Lombok rencananya mau dibikin buku, tapi gatau juga deh nanti bakal jadi atau ngga. Do'ain ya temen-temen semoga lancar~ >_<

4 comments

© KATATINA
Maira Gall