1.9.15

Love Yourself First!

Beberapa waktu lalu sempet nge-hits banget video #dontjudgechallenge di media-media sosial sebagai ajang lucu-lucuan dan narsistik banget. Gimana ngga? Mereka bikin bintik-bintik di muka kayak jerawat, bikin alis tebal dan nyambung kemudian bibir dower bahkan ada yang sampe ngeitemin gigi kemudian setelah kamera ditutup, voila! Muncul-lah muka flawless tanpa noda apapun  yang mereka anggap sebagai definisi muka cakep yang ideal.

Salah satu contoh yang melakukan #dontjudgechallenge
Sumber

Padahal awalnya #dontjudgechallenge muncul ketika seorang beauty blogger, Em Ford, mengunggah foto dia yang bare face alias tanpa makeup. Di foto itu banyak yang komen ga enak dan paling parah sampe bilang “you look disgusting”. Kemudian dia pun mengunggah video dimana dia menghapus makeup dan terlihat mukanya banyak jerawat meradang juga bekas-bekas jerawatnya. Disana dia ingin ngajak viewers supaya bisa menerima diri masing-masing daripada harus ngerasa malu dengan kekurangan yang dipunya.

Videonya Em Ford yang berjudul "You Look Disgusting"

Bare face dibilang ga banget karena banyak jerawat, pake make up dibilang palsu, serba salah. Well, people will always judge you no matter what. Gue yang dikaruniai tubuh tidak tinggi ini pun udah sering banget mendapat komentar-komentar yang berkenaan dengan itu dari jaman dahulu kala bahkan sampe saat ini, haha.

“Eh, lu kok pendek banget sih?”

Apa gue harus ngejelasin bab genetika di pelajaran Biologi kelas XII buat ngejawab pertanyaannya? XD

Ya, secara orangtua gue juga ga tinggi. Dulu mereka mengalami masa remaja ketika kondisi keluarga lagi terpuruk sehingga harus banyak kerja ngangkut yang berat-berat dan menghambat pertumbuhan. Karena kakek-nenek gue ga pendek, kakak-kakak dan adik-adik dari orangtua gue juga jauh lebih tinggi dari beliau-beliau. Dan bisa pas gitu ya, mamah sama bapa gue mengalami masa remaja yang serupa seperti itu~

Selain itu juga mungkin faktor dari gue yang dilahirkan ketika kandungan mamah masih 7 bulan, eh tapi gatau juga sih itu ikut mempengaruhi atau ngga, haha.. Beruntungnya, adik gue dapet gen tinggi dari kakek-nenek, dia juga punya kulit kecoklatan yang bagus sedangkan kakaknya yang berkulit kuning kalo coklat sedikit udah kusem banget kayak kain pel -___-“

Tinggi kita jauh amat bedanya ye, bang!
Sumber
Kemarin-kemarin juga orang-orang yang ketemu gue pada nanya soal jerawat.

“Kok jadi jerawatan sekarang? Padahal kan muka lu bagus, baby face

“Itu apaan di muka? Jerawat? Kok banyak banget?” *sambil pasang muka geuleuh*

Baru tau ya kalo baby face juga bisa jerawatan? Wkwkwk.. Gue kan masih remaja, jadi wajar lah jerawatan, hahaha..

Lalala yeyeye! xD
Sumber
Mulai tahun lalu gue memang sempet mengalami jerawat yang parah, istilahnya breakout, gue juga gatau sebabnya apa, karena jerawat itu faktor penyebabnya banyak banget. Mungkin salah satunya karena perubahan ritme antara kuliah sama ngga, ngaruh ke metabolisme, ngaruh ke hormon, dan lain-lain, belum lagi dulu suka gemes mencetin jerawat *jangan ditiru*. Tapi ya sebel aja sih kalo udah banyak yang komen kayak gitu, harusnya kalo mau komen kasih solusi juga dong, misalnya “Coba deh na, pake obat jerawat merk XYZ” :p

Mereka gatau aja kalo gue juga berusaha untuk menyembuhkan jerawat, mulai dari minum green smoothie yang rasanya ga jelas supaya bisa bantu buang toksin-toksin ga berguna dari dalam tubuh, masker-masker alami yang dibikin sendiri sampe obat-obat yang didapat dari apotek. Tadinya mau ke dokter kulit tapi ga punya duit dulu temen gue pernah berobat ke dokter juga dan hasilnya malah jadi tambah parah padahal dia udah ngabisin uang jutaan. Mungkin emang bukan salah dokternya juga, karena terkadang ada beberapa obat bikin jerawat-jerawat mendem jadi pada muncul atau istilahnya purging.

Sesungguhnya salah satu pemicu jerawat adalah stress, jadi don't think too much, berbahagialah! Hahaha..
Sumber
Karena gue bokek dan ogah rugi kalo dapet pengalaman yang sama dengan dia, gue akhirnya mengunduh berbagai literatur berupa jurnal-jurnal para dermatolog, baca beberapa blog yang berisi pengalaman serupa, ada yang orang awam, ada juga yang emang orang medis. Setelah itu gue ngambil suatu kesimpulan treatment apa yang harus dipake dan beli obat-obatnya di apotek. Setelah itu berhasil, tapi ga ujug-ujug sembuh karena semua juga kan butuh proses, bahkan sekarang pun masih ada beberapa jerawat aktifnya. Eh tapi sebenernya jangan ditiru sih, kalo emang ada budget mah mending langsung ke dokter aja, hehe.

Tapi hikmahnya, gue jadi lebih kenal dengan karakter kulit gue. Misalnya, bahan-bahan apa aja dalam suatu produk yang gampang bikin pori-pori gue tersumbat jadi bisa gue hindari, ga males buat cuci muka mau secape apapun, rajin minum air putih karena ternyata emang ngaruh banget loh..

Cukupilah kebutuhan air di dalam tubuh, guys! xD
Sumber
Makanya gue nonton video Kak Rachel dibawah ini ngakak abis deh karena it's so true, ahahaha XD

Ekspresinya itu loh, kagak nahan hahaha.. xD Kak Rachel favorit banget lah!

Bahkan kemarin sempet ada kakak tingkat gue yang curcol, kita sebut saja si X, katanya dia kalo suka sama perempuan itu masih belum bisa keluar dari ‘jebakan fisik’. Intinya, bagi dia suka sama seseorang itu tetep butuh alasan terutama fisik, menurut dia perempuan menarik itu ya yang punya badan tinggi dan bohay. Gue sih respon oh-iya-oh-gitu aja karena toh itu urusannya dia. Lagipula mana ada yang ga suka sama yang bohay, bahkan dalam beberapa kasus yang esktrim temen gue pernah bilang, yang penting badannya bohay walaupun parasnya biasa aja karena muka mah bisa dikeresekin, hahaha kan kupret~

Eh, abis curcol si X tiba-tiba bilang gini ke gue, “paling kalau ada yang suka sama kamu mah karena inner beauty kamu ya”

Gue, “maksudnya?”

X, “iya jadi karena kamu baik, cerdas, enak diajak ngobrol”

Gue, “oh kenapa emang harus gitu?”

X, “ya kalo dari FISIK mah JAUH soalnya”

...

Oh-My-Goodness..

IT-WAS-SO
WHAAAATTTTTTTTTT?!?!?!?!
Sumber
Anjrit. Apeu. Da aku mah apa atuh cuma remah gorengan yang berceceran di piring. Hahahaha.. 


HAHAHA
Sumber
Mana gue lagi sensi pula, sempet keluar mata air tuh *tapi ga di depan orangnya lah* sial banget. Seumur hidup, itu adalah penghinaan paling kampret yang pernah mampir ke gue. Kayanya kalo ada cowok yang suka sama gue, dia bakal ga habis pikir dan menganggap cowok itu aneh karena dilihat dari sisi manapun gue ga punya kemenarikan sama sekali. Udah mah ga cantik, pendek, gendut, jerawatan lagi.. semua yang ada dalam diri gue jauh dibawah ‘standar’ yang seharusnya di mata dia, wkwkwk.

Jadi ya gitu deh, apapun yang kita punya, apapun yang kita lakukan, pasti bakal selalu ada orang-orang yang nge-judge. Maka kitanya yang harus kuat mental dan paling penting harus mencintai diri sendiri *tapi ga narsis lebay juga*

Mencintai diri sendiri disini bisa direpresentasikan dengan rasa percaya diri yang seimbang dengan rasa syukur. Lagian, kalo mencintai diri sendiri aja ga bisa, gimana mau mencintai si dia? Eaaa, hahaha..

Rasa syukur itu macam-macam bentuknya, yang pasti mah lewat lisan, bilang alhamdulillah sesering mungkin. Lewat perilaku, misalnya rajin mandi dalam rangka ngerawat badan yang jadi titipan dari Allah, mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, sehat dan bernutrisi, olahraga yang rajin, banyak ketawa sama teman-teman karena bisa bikin awet muda. Hahaha..

Terapi anti-aging yang efektif! XD
Sumber
Semua juga pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, oke ini emang bahasa yang sudah amat klise sodara-sodara. Misalnya, yang punya badan tinggi ga perlu harus motong atau ngelinting celana jeans dengan alasan kepanjangan, kalo yang punya badan dibawah rata-rata emang pendek sih *lah emang iya haha* tapi kadang suka dikira beberapa tahun lebih muda daripada usia yang sebenernya :3 Gue sering dikira masih es-em-pe, men.. entah harus seneng atau sedih, haha.

Walaupun sama anak-anak es-de sekarang juga banyak yang lebih tinggi mereka, hiks.. Why God? Why?! Anak-anak jaman sekarang emang pada bongsor, ye -___- Tapi berarti gizi anak-anak Indonesia sekarang peningkatannya udah bagus dong, syukurlah. Indonesia Juara! Turunkan nilai dollar!!! 

Well, the best friend you will ever find is you. So, give the best love for yourself first before you love anyone else, okay! ;D

Yeah~
Sumber
"Why are you trying so hard to fit in when you were born to 
stand out?"
[Ian Wallace]

2 comments

  1. Mau kasi quote ah, "Kenapa denger kata orang, kan nggak bisa kenyang kalo denger kata mereka?" kurang lebih gitulah arti quote yang sering aku baca haha.
    Aku juga pendek, tapi woles dan santai aja kok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sama quotenya, ahaha..
      sippo~ *high five* :D

      Delete

© KATATINA
Maira Gall