16.7.15

Kerjain, Bukan Cuma Dipikirin!

Ini adalah tulisan hasil refleksi gue sebagai mahasiswa tingkat akhir *akhir-nya pake banget, wkwkwk* apalagi kalo bukan tentang skripsi alias tugas akhir alias final paper alias undergraduate thesis.

Ekspresi saat mumet nyekripsi, hahaha..
Diambil dari sini
Sabtu kemarin gue finally bimbingan lagi yang menghasilkan gue harus membuat peta administratif dulu, kalo bisa di-buffer juga dengan data yang ada di RDTR (Rencana Detil Tata Ruang). Disitu saya merasa sedih dan nyesel, kenapa melewatkan bimbingan selama 2 bulan -____- Padahal kalo gue istiqomah, mungkin sekarang udah ke lapangan, hueeee~ T____T

Kadang manusia emang harus dikasih efek jera supaya ga ngulangin kesalahan yang sama. Gue jadi kesel sendiri karena kemarin-kemarin melewati fase ketika buka file skripsi – mumet – mikir – bingung – mumet lagi – kemudian males ngerjain, gitu terus ga beres-beres -____- Semoga kelak keturunan gue tidak mengalami hal yang serupa seperti ini *ketok meja 3 kali* hahaha *lebay*

Karena bener-bener lupa gimana caranya bikin peta dan teman-teman yang pada mahir pun udah pada mudik sedangkan gue mau bimbingan lagi hari Selasa, gue meluncur ke kost-an Anna yang sekarang kerja di Kopo dan dia masih belum mudik ke Indramayu. Gue mulai men-digit hari Sabtu setelah bimbingan sampe malem tapi gagal terus ketiduran kemudian coba lagi hari Minggu sampe malem dan gagal lagi dan ketiduran lagi gatau kenapa sekarang jadi ga bisa begadang T__T tadinya udah frustasi dan mau nge-digit semua-muanya di kost-an Anna tapi ternyataaa hari Senin sore berhasil! Cuma karena udah kesorean jadi baru beres nge-digit sampe 5 desa (masih kurang 6 desa, belum digit jalan, dll).

Tadinya gue pikir ada sesuatu yang salah dengan laptop gue, mungkin ada semacam virus atau malware soalnya pas lagi nge-digit suka tiba-tiba ngeklik dua kali sendiri dan region pun terbentuk sebelum sampe ke titik akhir batas wilayah -____- Sempet coba buka Task Manager, tapi ga ada satu process apapun yang tiba-tiba running gitu. Ternyata, itu adalah soal kebiasaan. Jadi insiden ngeklik dua kali sendiri itu totally karena gue sendiri yang belum terbiasa *lagi* buat ngedigit, jadi hari Sabtu sampai Senin siang itu adalah proses pembiasaan diri, heuheu.. Gitu da yang namanya ilmu mah kalo ga dipake ya bakal lupa :[

Berangkat dari rumah jam 4 sore, nyampe kost-an Anna jam 7 malem haha.. Karena Kopo-nya jauh, setelah Miko Mall setelah Lanud Sulaiman dan di jalan juga macetnya luar biasa~

Gue sama Anna beli makan dulu dan beli martabak buat sahur, setelah makan baru deh ngerjain petanya. Kata Anna, “kirain kamu udah selesai ngedigit tinggal nge-layout aja”, hahaha.. dan sampai besoknya, hari Selasa tanggal 14 Juli petanya masih belum selesai jadi gue ga jadi ke kampus deh buat bimbingan heuheu.. Jam setengah 8 pun pulang karena Anna harus masuk kerja, gue ga nyesel walaupun udah jauh-jauh ke Kopo dan in the end petanya masih belum jadi karena setidaknya gue udah berusaha dan gue jadi tau apa yang harus dikerjakan. Makasih banget buat Anna yang sudah mau diganggu oleh diriku ini, jadi ngerusak jam istirahatnya kamu.. :(((

Eh, pulangnya malah salah naik angkot kemudian nyasar bahaha.. Aib banget ga sih buat seorang anak Geografi -___- Udah nyasar, batre hape sekarat pula.. Tapi alhamdulillah masih bisa pulang dengan selamat, sehat wal’afiat, dan mampir sebentar ke BPS Provinsi Jawa Barat yang selalu dilewatin kalo ngampus buat nyari beberapa data tahun kemarin yang dibutuhkan.

Emang, skripsi itu ga bisa cuma dipikirin, tapi harus dikerjain :|

Mahatma Gandhi bener banget :(((
Diambil dari sini
Kalo dulu setelah mumet kemudian jadi males, sekarang mah harus hajar terus semumet apapun juga. Eh iya, dosen pembimbing gue yang keren banget juga ngasih wejangan waktu itu, bahwa sesungguhnya buat kita-kita yang masih muda ini harus punya kompetensi dan jangan “bau-an” kata urang Sunda mah alias jangan pilih-pilih terutama soal pekerjaan. Bisa jadi hal yang kita ga suka bakal jadi bekal kita buat sukses ke depannya.

Terus ya, sebenernya bikin skripsi dan nuntut ilmu secara keseluruhan bakal berpengaruh besar terhadap pola pikir kita. Pola pikir itulah yang nantinya bakal punya andil terhadap jalan hidup kita. Kalo pola pikir udah bagus, kita bakal lebih mudah buat ngerti tentang berbagai fenomena geosfer di bumi ini, dimana pun kita kerja dan di bidang apapun itu ga akan susah nantinya. Jadi jangan takut buat punya cita-cita yang beda dari jurusannya misalnya pengen jadi pengusaha, buka kafe, dsb.

Karena masa depan yang cerah akan selalu ada buat mereka yang berikhtiar dan bertawakkal dengan maksimal *klise but it works*
Diambil dari sini
Well, untuk teman babaturan Geografi yang sama-sama belum lulus, ayo kita sama-sama berjuang ya! Saling mengingatkan kalo ada yang males ataupun ga ada kabar!

Hayu guys, kita berjuang! Haha..
Diambil dari sini

Jiayou!!! XD

Kata Kang Kakashi, "Semoga segera pakai toga, teman babaturan Geografi!" :D
Diambil dari sini

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall