30.10.18

Semacam Surat Terbuka (?)

Pernah iseng searching nama diri sendiri di search engine? Gue beberapa kali kayak gitu, hahahah.. suatu kenarsisan di era digital :v bukan cuma di search engine, di fesbuk juga dan nama gue satu-satunya di dunia ternyata (bangga) wkwk (padahal mah bisa aja ada yang namanya sama, tapi gak punya akun fesbuk hahaha)

Nah, tadi kan gue iseng lagi yah haha.. yang muncul di page-page awal ya seputaran linkedin, wattpad (yang gak pernah apdet, lupa akunnya juga), tumblr (yang udah gak bisa dibuka karena kena internet positif tea), dan blog ini. Tentu saja ke page-page selanjutnya mah makin banyak yang gak nyambung wkwk. Tapi ada satu laman website yang bikin gue kaget pas ngebuka nya.

Yha, kira-kira kaget kayak gini hahaha..
Diambil dari sini

Tiba-tiba di sebuah website lomba fotografi, ada foto yang keterangan pengunggahnya teh nama gue (!) Asli, ini kaget pisan! Kayaknya juga udah lama ini teh, pantesan dulu ada email info lomba fotografi itu, tapi gue gak mikir apa-apa. Cuma sekedar "oh, mungkin ini dikirim ke email-email orang-orang", padahal jelas-jelas disebutin nama pemilik emailnya, beda sama yang spam doang hahaha..

Gue mencoba berpikir dengan sangat keras dan sistem di otak gue mengutak-atik berkas-berkas lama, siapa tau ada hal yang terlupakan soal lomba itu, tapi nihil. Gue memang benar-benar gak pernah ikut lomba fotografi apapun, bahkan fotonya sendiri juga gue liatnya tadi itu aja. Jabaning ternyata ada dua foto pula yang mengatasnamakan gue -_-

SIAPA yang aplod?! x(
Sumber : http://www.satu-indonesia.com/image.php?id=14562
Ini jugaa x((
Sumber : http://www.satu-indonesia.com/image.php?id=14563



Setelah ditelusuri, ini kayaknya diikutin ke lomba yang tahun 2015 atau 2014 (dan baru ketauan sekarang, ckck). Pokoknya yang aplod ini emang pake email gue (thinachan@gmail.com). Jadi disini gue mau memberikan semacam surat terbuka aja, untuk siapapun yang mengunggah foto-foto tersebut atas nama gue atau orang yang punya fotonya (dan bukan yang mengunggah, misalnya).

Mari kita sama-sama lebih menghargai dan menghormati diri sendiri maupun orang lain. Kalau mau ikut kompetisi, ya kita wajib untuk pakai nama kita sendiri. Kecuali ada kerjasama dengan orang lain dan sudah berkompromi mau pakai nama siapa. Makanya gue gak ngerti kenapa si fulan tersebut pake nama gue, gak mau berprasangka apa-apa deh gue.

Untuk yang punya fotonya (bisi fotonya bukan milik yang mengunggah), mohon maaf, sama sekali tidak ada klaim dari gue kalo itu hasil jepretan gue. Dosbing gue dulu selalu mewanti-wanti bahwa hasil karya kita sekecil apapun itu berharga dan tentu saja kalo kita pake hasil karya orang lain, diklaim sama diri sendiri buat kepentingan kita sendiri (apalagi diikutin lomba) adalah kecurangan, gak berani euy gue kayak gitu.

Akhir kata, yah semoga gak ada yang kayak gini lagi ke depannya, heu. Ini juga semacam surat terbuka yang kagak tau ditujukannya ke siapa hahahahah *garuk alis*

Baiklah, sekian dari saya. Sudah masuk musim hujan, ayo kita selalu bawa payung atau jas hujan sebagai langkah mitigasi! Salam super!

YOW
Diambil dari sini

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall