8.9.19

[Angkot Series] Girls, Hati-hati!

Kepikiran buat nulis tentang ini sejak beberapa minggu lalu waktu baca Webtoon "Make-Up Man" dimana tokoh utamanya (Yeseul) hampir dibawa kabur gitu sama supir taksi. Terus lumayan banyak komen netizen Webtoon tentang pengalaman-pengalaman mereka yang gak enak ketika di perjalanan.







Beberapa part Make-Up Man episode 44 yang nyeremin..
Diambil dari sini
Berhubung belum lama ini juga gue ngalamin kejadian yang cukup nyeremin, kali ini gue mau bahas tentang hal tersebut. Ada yang dialami di angkot, ada juga diluar angkot, ada juga pengalaman rekan gue.

Pada kisah pertama, gue mau cerita tentang pengalaman gue di angkot bertemu dan ngobrol sama seorang kakek yang menurut gue cukup aneh. Ketemu di angkot Cicaheum - Ciroyom (arah ke Caheum, pas pulang ngantor). Pertama kali ketemu teh waktu awal banget kerja, taun 2017. Gue kan dulu seneng duduk di belakang pak supir yang sedang bekerja, biar lebih gampang turunnya. Terus kakek tersebut naik angkot yang gue tumpangi di sekitar Surapati, sebagai pemudi yang berbudi pekerti, tentu saja gue ngegeser duduknya menjauh dari supir, ngasih ruang buat kakek tersebut duduk apalagi kakinya udah gak seimbang.

Pas udah duduk dan angkot udah jalan, tiba-tiba kakek tersebut ngajak ngobrol. Nanyain gue kuliah/kerja, dimana kerjanya, dll, yang standar-standar gitu lah. Awalnya sih biasa aja, gak ada yang aneh. Terus nanyain juga kan, gue udah nikah atau belum, udah punya calon apa belum. Kebetulan waktu itu gue masih ada orang yang deket kan, jadi gue jawab aja belum (nikah) tapi udah ada (calon -dan gak sampe nikah oge sih hahaha-).

Terus kakek tersebut bilang, kalo nikah teh emang harus dilakukan sama semua orang cenah, istilahnya mah wajib gitu lah. Katanya ada anaknya temen si kakek itu (cewe) yang nikah sama cowo random terus cerai. Posisinya si cewe itu teh udah punya anak dari cowo yang gak jelas asal-usulnya tersebut, tapi udah PNS cenah, jadi bisa biayain anaknya sendiri.

Muncullah statement yang kurang lebih begini.. "gak apa-apa nikah sama siapa aja (asal milih), yang penting nanti bisa punya keturunan, kan tujuan nikah buat memperbanyak keturunan. udah itu mau cerai juga gak masalah, yang penting bisa cari uang sendiri"

Wadaw, gak beres nih orang, dalam hati.. Untung pas ngobrolin itu teh udah deket Caheum, jadi gak manjang lagi weh ngobrolnya da keburu turun. Oh iya, ada juga sih obrolan aneh kayak beliau ngaku masih ada keturunan kerajaan apalah, gue lupa. Terus, ternyata ketemu lagi di akhir taun 2018 kalo gak salah (gak tau awal 2019 ini, sekitar itu deh pokoknya). Gue udah lupa padahal, tapi pas kakek itu ngajak ngobrol, gue langsung nge-link ke kejadian 2017 itu, "duh euy, si aki ieu tea.." -_-

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pun kurang lebih sama, cuma disini lebih detil dan responnya kakek tersebut gak ngenakin banget. Kira-kira begini dialognya (setelah nanya tempat kerja dimana)..

KA (Kakek Absurd) : tinggalnya dimana?
Gue : Di ujungberung pak
KA : (mencibir) gak strategis banget milih rumahnya, jauh dari kota, susah kan kalo mau kemana-mana (pokoknya mempermasalahkan pemilihan tempat tinggal yang dipilih orangtua gue)
Gue : (memilih diam dan tidak merespon)
KA : udah punya calon? udah berkeluarga?

Mampus.. gue gak bisa jujur ngaku jomblo karena merasa tidak baik untuk keamanan gue di saat itu, haha. Akhirnya gue pun berbohong, wkwkw.

Gue : belum pak, tapi kalo calon udah ada (tertulis namanya di lauhul mahfudz HAHAHA)
KA : kerja di bandung juga?
Gue : nggak pak, di luar kota (soalnya kalo bilang di bandung, bisi ditanya "kenapa pulangnya gak dianterin?")
KA : kerjanya apa? 
Gue : (mikir sekian detik, kerja apa? di bank? pengusaha?) ngajar pak (entah kenapa malah ini yang nyeplos dari mulut gue, hahaha..)
KA : udah PNS?
Gue : oh, belum pak.. (karena biar si kakek ini nyadar kalo gue sama sang calon -fiktif- masih pada ngerintis karir dan masih nabung)
KA : (mencibir dan nyinyir lagi) ngapain kerja di luar kota kalo cuma jadi honorer, bla bla bla (lupa detilnya, tapi pokoknya ini disalahin juga sama kayak milih tempat tinggal tadi)

Pokoknya gue udah gak betah aja buat ngobrol, tapi masih penasaran sampe gimana sih itu orang bakal nyerocos, jadi gue berusaha stay cool aja haha. Ternyata obrolan makin gak jelas, sampe si KA itu bilang kalo aliran Islam yang paling bener itu ya aliran kebatinan. Duhh.. pantesan obrolannya ngaco -_- Walaupun ada sih statement yang cukup oke, kakek tersebut menganggap kegagalan pemerintah adalah gak bisa menyediakan lapangan kerja yang luas, sehingga orang-orang masih banyak yang jadi TKI, terutama wanita (TKW). Okelah kalo yang itu, tapi beneran ngaler-ngidul pisan kan obrolannya.

Gue ditanya juga kan, orangtua asalnya darimana, terus gue jawab dari Ciwidey (jadi cuma nyebut asal daerah bapa gue doang). Terus katanya di Ciwidey itu banyak keturunan Prabu Siliwangi, dan beliau menganggap kalo gue adalah keturunan Prabu Siliwangi juga karena berkarisma, hahaha..

Ini nih yang berkarisma setiap saat..
Diambil dari sini
Pas mau deket Cicaheum, kakek tersebut minta nomor gue dong, ngasiin hape jadulnya (nokia tininit yang diatasnya ada lampu senter) dengan kertas selembar dan pulpen, sekalian juga nomor calon suami gue cenah. Karena gue dan calon suami gue adalah anak-anak muda yang hebat dan katanya si kakek lagi mendirikan sekolah atau apa lah gak tau, kali aja gue sama calon gue bisa jadi direkturnya (?). 

Terus katanya sih kalo kakek itu nelpon keturunan Prabu Siliwangi atau keturunan siapalah itu, pas ditelpon teh kakek/nenek moyangnya itu yang ngobrol, ih horor kan. Mungkin karena aliran kebatinan tea. Ya udah gue kasiin balik hapenya, gue bilang "gak apa-apa pak, saya tulis disini aja nomornya" soalnya kalo nyimpen di hape, bisi langsung di miss call

Terus gue tulis nomor yang udah hangus, sama satu lagi mah nomornya ngarang, dengan nama Nina dan Dani, hahaha.. setelah itu masih disalahin karena nomor yang gue tulis adalah Indosat, tidak nasionalis katanya, wkwkw.. 

Kasus kedua, waktu gue di Gerlong hari Minggu yang lalu. Kan abis ikut kajiannya dr. Zaidul Akbar (I'll share the summary later, inshaAllah), terus abis maghrib gue sama temen gue lanjut nge-ramen di ramen AA. Karena pas mesen air mineral ternyata kosong, ya udah gue inisiatif beli di warung, soalnya haus banget. Warungnya depan Mamprang sih kalo gak salah, bodohnya gue pas di warung itu kan banyak banget barangnya, etalase sama orang yang ngeladanginnya itu sampe gak keliatan.

Ada seorang bapa yang berdiri di bagian depan warung, gue kira itu yang punya warungnya :(( Terus gue senyum, ya gimana weh someah-nya orang Sunda lah. Tapi si bapa itu teh gak bales senyum, malah ngeliatin tanpa ngedip dengan tatapan yang bikin bergidik gitu. Pas gue ngambil air minum, ternyata orang yang ngeladangin mah di dalem, sebelah rak air minum.

Astaghfirullah.. yang tadi bukan yang punya warung dong? Gue langsung merasa gelagat yang gak enak dari bapa yang tadi disenyumin. Suka ngerasa kan kalo ada orang yang ngeliatin tapi bikin kita merinding? Nah, kayak gitu lah! Horor pisan. Pokoknya gue pura-pura gak tau sambil fokus ke si aa yang ngeladangin, sambil berdzikir. Mau minta tolong sama siapa lagi yang paling ampuh kalo bukan ke Allah? Kemudian, si bapa tersebut sempet jalan ke arah gue dan jadi pura-pura liat barang-barang di sekitar rak air minum (tapi gak ngambil apa-apa).

Serem banget T.T ternyata terlalu ramah juga gak selalu bagus, haduhhh.. abis dapet kembalian gue buru-buru pergi, dan kalo itu orang ngikutin gue, gue sudah berencana akan belok ke kost-an temen gue yang cowok di deket ramen AA untuk minta bantuan, hahahaha..

Kasus yang ketiga, ini sih terhoror, pengalaman seorang rekan yang sudah berkeluarga tapi long distance gitu sama suaminya yang kerja di luar negeri. Suatu hari rekan gue (sebut saja Venus) ada tugas ke Jogja. Pas di stasiun kereta, Venus mesen ojek online buat ke tempat penginapannya. Ada seorang laki-laki yang duduk di sebelah Venus waktu nunggu ojek, ngajak ngobrol gitu.

Pria tersebut (sebut saja Pluto) katanya mau pulang ke Purwokerto da rumahnya disana, istrinya juga kerja disana, cuma dia kerja di Jogja jadi mesti pulang-pergi seminggu sekali gitu lah ke rumahnya. Terus pas di akhir obrolan, si Pluto minta nomor WA-nya Venus, karena siapa tau nanti pas mampir ke Bandung bisa ketemu cenah. Dengan polosnya, dikasiin weh nomornya teh.

Eh.. pas lama-lama, chat nya teh jadi aneh dan nyeremin. Kayak bilang, "kayaknya badan kamu bagus ya, seksi", stalking segala macem sampe nyimpen foto-foto rekan gue, dan paling ekstrim sampe bilang, "sabtu - minggu off ya, soalnya aku sama istriku. tapi kalo lagi berhubungan (suami-istri) aku suka ngebayangin lagi sama kamu" terus ngirim foto telanjang dada gitu si Pluto teh. Duh, astaghfirullah, na'udzubillah.. antara serem, pengen muntah, tapi harus tetep istighfar dengernya -_- Langsung di-block lah sehabis itu, gila sih itu mah.

Jadi girls, dari semua kejadian diatas dan mungkin kejadian lain yang pernah dialamin sama temen-temen semua, harus hati-hati pisan sekarang mah. Harus selalu mawas diri, tetep fokus biar pikiran tetep dalam kendali kita, berdzikir banyak-banyak biar kita inget bahwa ada Allah yang ngawasin dan lindungin kita. Akan jauh lebih bagus kalo membiasakan diri buat baca dzikir pagi dan petang (buat gue sendiri masih jadi peer banget sih, apalagi yang petang).

Salah satu do'a yang paling nempel dan diucapkan dalam hati saat ngerasa takut
"a'udzubikalimatillahi tammati minsyari ma khalaq"
Selain itu, belajar bela diri juga akan sangat membantu. Sekarang mah gak susah lah nyari nya, di Youtube juga banyak video tentang self-defense yang bisa diaplikasikan sama amatir. Lagian, sebenernya rutin stretching sama workout di rumah (walaupun cuma 5 menit sehari) juga cukup membantu biar refleks kita lebih bagus. Bekel semprotan merica juga oke barangkali? Yang penting mah, hati-hati pokoknya. Jangan sembarangan kasih nomor sama orang asing, apalagi yang baru kenal selewat doang. Kecuali kenalan sama orang teh di suatu acara misalnya majelis taklim atau seminar dan kita bisa tau asal-usul orangnya dengan jelas, itu bisa nambah relasi.



Ah satu lagi, jangan cepet panik kalo ada yang aneh-aneh, berusahalah buat tenang (sebisa mungkin). Karena dimanapun tempatnya, orang-orang aneh mah bakal ada wae dan perempuan paling sering jadi objeknya. So girls, please be aware and be careful, keep safe!

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall