25.5.19

[Angkot Series] Self-Love

Pada suatu sore yang cerah (udah agak lama sih, sekitar sebelum bulan puasa) seperti biasa gue duduk di spot terfavorit di angkot; paling ujung deket jendela besar belakang. Di depan gue ada seorang teteh berjilbab hitam dan agak jauh dari kami ada seorang bapa duduk deket pak supir. Pokoknya emang keadaan angkot lagi sepi.

Tiba-tiba waktu lewat UNPAD Dipati Ukur, teteh di depan gue langsung bergumam dengan cukup heboh, katanya dia lihat ada cewek yang model rambutnya aneh banget gitu. Terlihat banget dicatok 'paksa' nya karena hasilnya tuh jadi lurus yang aneh gitu lah, keliatan banget aslinya keriting cenah. Jadinya looks super weird, she said. Dia nanya ke gue, apakah gue lihat juga?

Gue bilang kalo gue gak lihat, soalnya... gue lagi anteng windows shopping di Shopee HAHAHA.. 
Abis itu jadinya gue ngobrol deh sama teteh itu. Doi kayak bergidik gitu sih pas nyeritain mbak-mbak yang rambutnya dicatok itu. Terus dia bilang, "padahal setiap manusia tuh udah dikasih bentuk yang paling pas, rambut bergelombang berarti udah sesuai sama bentuk wajah dll, semuanya pasti udah bagus gitu. kalau diubah malah jadi aneh".

TRUE!
Taken from here
Well, I can't agree more with her. Kita udah diciptakan dengan sebaik-baiknya loh, mulai dari jenis rambut, bentuk wajah, bentuk badan, dll semuanya udah yang paling oke. Tapi tentu aja, kalo liat yang aneh-aneh gak usah dinyinyirin juga hehehe.. (dan jangan maen hape wae mun di angkot teh duhhh, dasar aku -_-)

Sekarang kita analogikan sama kendaraan deh ya. Gue selalu salut dengan orang-orang yang punya hobi memodifikasi motor atau mobilnya, karena kreatif aja gitu. Hanya saja gue amat sangat menyayangkan yang modif motor terus kaca spionnya dihilangkan. I mean, plis.. ngemodif okelah tapi jangan sampe kehilangan salah satu fungsi komponen yang sebenernya akan merugikan diri sendiri.

Karena desain-mendesain itu gak gampang, apalagi soal kendaraan. Pasti yang bikinnya ngerancang dengan penuh perhitungan yang mesti presisi dan itu teh butuh ilmu yang mumpuni. Intinya, semua yang dibuat selalu ada nilai estetika dan fungsinya masing-masing. Nah, ketika manusia aja bisa ngerancang sesuatu dengan penuh perhitungan kayak gitu, apalagi Allah, yang udah mendesain alam semesta ini sedemikian rupa dengan segala isinya termasuk kita; manusia? :)

Bahkan untuk manusia sendiri pun, kita ini kompleks banget kan. Let's say biologically, badan kita ini kan terdiri dari kumpulan organ-organ, organ itu kumpulan dari jaringan-jaringan, jaringan terdiri dari kumpulan sel, sel sendiri terdiri dari berbagai komponen dengan protein sebagai bahan utama. Belum lagi masing-masing punya fungsi yang beda-beda dan menopang satu sama lain. Ini baru secara biologis loh, belum secara psikologisnya, kompleks banget kan!

Jangan lupa juga, manusia yang jumlahnya milyaran ini gak ada satupun yang punya identitas yang sama bahkan yang kembar identik sekalipun. Nah, kalo udah tau gini, berarti setiap kita adalah ISTIMEWA!


Remember that you're special, always!
Taken from here
Terus, karena yang menciptakan kita adalah Yang Maha Indah, maka sudah pasti bahwa cakep (mencakup cantik dan tampan) sejatinya sudah include dalam DNA kita masing-masing. Sebenernya soal DNA ini juga bikin takjub banget sih mashaAllah, karena seperti yang gue bilang diatas, gak ada satu orang pun di dunia ini yang punya DNA yang sama. Semua punya serangkaian kode genetika tersebut masing-masing, and that's SUPER COOL!

Selain itu, jelas dong cakepnya jangan sebatas fisik aja, mesti seimbang sama akhlak dan kepribadian. Karena menjadi kece lahir dan batin adalah suatu keharusan! Biar cakepnya long-last, hehe.. Setelah kita tau bahwa kita istimewa, tentu gak ada alasan dong untuk gak mencintai diri sendiri dengan sepenuh hati :D Sebenernya ini temanya sama kayak postingan yang dulu, tapi anggap aja ini sekuelnya lah wkwkw.

Menurut Ustadzah Haneen Akira pada video kajian di bawah ini, tahapan mencintai itu yang pertama adalah mencintai Allah dan Rasul-Nya (ini mah mesti sepaket ya, kalo cuma salah satu aja nanti akan 'pincang'), selanjutnya adalah mencintai diri sendiri kemudian baru deh mencintai mahluk-Nya yang lain (keluarga, teman-teman, guru-guru, serta mahluk hidup lainnya seperti hewan-hewan apalagi yang lucu-lucu, tumbuhan apalagi yang seger-seger, dan selanjutnya).


Menurut gue, ketika kita sudah benar-benar mencintai diri sendiri, hal tersebut akan jadi fundamental yang kuat bagi kita dalam menghadapi kehidupan yang serba dinamis dan tidak terprediksikan ini. Yang gampang aja deh ya, misalnya ketika chat tidak direspon gebetan lebih dari sekali and it means penolakan secara halus terus kita ngerasa agak sedih, itu hal yang wajar kok, manusiawi~

Tapi kalo kita sudah punya self-love yang kuat, hal kayak gitu gak akan bikin galau berlarut-larut. Karena kita tau bahwa kita harus respect sama yang bersangkutan dan terutama respect sama diri sendiri. Di satu sisi, mungkin orangnya gak begitu nyaman dengan kita dan hak mereka untuk suka juga ke kita atau nggak. Di sisi lain, kita juga jangan sampe down dengan merasa gak worthed dan sebagainya.

Karena kalo kayak gitu ya simple aja, we're just didn't match their preferences and that's okay, it's time to move on! Just try to treat yourself better, misalnya mungkin sudah dua bulan sel kulit mati menumpuk dan waktunya untuk perawatan, mungkin ada banyak buku yang udah dibeli tapi belum pada dibaca, atau bahkan ada target hafalan-hafalan surat atau do'a yang ingin dicapai, just take your own 'me time' :)

Please take care of yourself first :)
Taken from here
Suka gak suka, kita mesti mengakui kalo manusia tuh emang fragile banget. Makanya, sikap respect sama diri sendiri akan bantu kita untuk jadi lebih kuat untuk terus moving forward. Dulu waktu gue mengalami breakout parah, gue juga sempet ngerasa down dan hampir kehilangan harapan gitu, kayak mikir.. apakah bisa sembuh? Tapi yang ada, susah banget sembuhnya wkwkw.

Pas gue udah belajar untuk lebih mencintai diri sendiri dan ngerasa, ya mau jerawatan atau nggak, cakep mah cakep aja! hahaha.. Pede pisan emang, tapi da pede teh harus (asal jangan berlebihan ya wkwkw). Selain itu, gue juga menanamkan mindset bahwa, your acne doesn't define you, your value is a lot more than that! Kemudian perlahan-lahan kulit menunjukkan progres yang positif, meskipun belum flawless sih tapi alhamdulillah sudah mendingan hehe :D

Ini menurut gue sih kalo kita bisa tetep ngerasa adem dalam hati, woles, gak ngerasa hopeless meskipun kita mengalami banyak hal yang gak enak, akan bikin Allah senang. Bisa jadi, Allah bilang, "wah hamba-Ku nih, udah dikasih ujian tapi masih bisa bersabar dan bersyukur, kalo gitu nanti Aku tambahkan nikmat-Ku untuknya", hehe.. soalnya kan Allah mah sesuai sama prasangka hamba-hamba-Nya :D

Lagian, belakangan gue juga baru tau kalo hopeless itu ternyata lebih deket sama setan! Hiiyyy, malesss bangettt.. Gak mau dong ceesan sama setan? So please, stay away from being hopeless, okay! Dan ingat, kalo ada seseorang yang bisa sepenuhnya bantu kita untuk bangkit setelah jatuh, dia adalah diri kita sendiri :) Maka dari itu, sayangi dirimu! Garnier (wkwkw, iklan)



Ketika kita sudah mencintai diri kita dengan sepenuh hati, kita akan mudah untuk merasa cukup dan bersyukur dengan segalanya. Gak akan gampang terbawa arus trend fashion yang sebenernya muter sih kayak siklus aja dan kebahagiaan pun gak akan 'digantungkan' lagi sama orang lain. Pernah nemu quotes di instagram, tapi lupa akun siapa da muncul di explore gitu, katanya, when other people loves us, that's a bonus, but when we love ourselves, that's a grand-prize! :D

Pada akhirnya kalo pada tahapan-tahapan dalam mencintai ini sudah benar, sekalipun kita merasa jatuh ataupun perasaan-perasaan tidak enak dalam hati, inshaAllah proses recovery-nya akan lebih cepet. Apalagi kalo fokus kita diperlebar bahwa sesungguhnya Allah udah ngasih banyak karunia yang gak terhitung termasuk orang-orang di sekitar yang pada sayang sama kita, dan sebenernya kan dengan menyadari kalo Allah gak pernah ninggalin kita, itu tuh udah lebih dari cukup banget.. :')

But, keep in mind kalo self-love yang gue bahas disini bukan dalam artian narsistik lebay gitu ya. Terus bukan berarti jadi pembenaran juga untuk bermalas-malasan. Misalnya, punya tipe kulit yang acne-prone, jadi males ngerawatnya da jerawatnya bakal ada lagi, atau keramas seminggu sekali aja lah da ntar juga kotor lagi rambutnya, atau bahkan gak usah berusaha lebih ramah lah, toh dari lahir juga emang jutek mukanya. Hehe.. bukan begitu yak, sodara-sodara. Justru merawat diri secara lahir dan batin adalah bagian dari self-love juga, pokoknya berusahalah untuk enhance our beauty inside and outside!

Last but not least, tahapan-tahapan mencintai yang tadi dijelaskan juga ujung-ujungnya mah akan bermuara pada satu cinta (asikkk), yaitu sebagai salah satu bentuk cinta terhadap Sang Pencipta, Allah 'Azza wa Jalla :')

So, let's learn to love ourself more, shall we? :D
Because YOU matter!
Taken from here

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall