31.12.18

[Recipe] Nasi Liwet Pake Rice Cooker

Sampurasun!

Buat orang-orang yang tinggal di tatar Sunda, pasti udah gak asing lagi sama makanan satu ini; nasi liwet! Andalan banget buat dimakan bareng-bareng sambil ngariung alias ngumpul. Bikinnya juga ternyata gak susah, rempahnya juga sederhana tapi wanginya menggoda haha..

Gue pertama kali bikin liwet pake rice cooker ini di kantor, itu pun pengalaman pertama mah gagal hahahah.. Karena berasnya kebanyakan dan airnya sedikit, jadinya nasi di lapisan atas teh masih rada-rada gigih gitu wakaka.. Terus lupa pula menteganya kagak diaduk, jadi yaa gitu deh.. walaupun masih bisa dimakan sih nasi di lapisan yang bawah mah.

Akhirnya eksperimen lagi yang kedua kali setelah dilakukan berbagai evaluasi, wkwkw.. Gue share resepnya disini deh biar gak lupa, dan kali aja bisa bermanfaat buat yang lain, khususnya buat sohib gue yang sekarang ada di negara kelahiran Napoleon Bonaparte, biar pas kangen liwet teh tinggal bikin aja pake rice cooker, hihi..

Nasi liwet hasil eksperimen kedua, alhamdulillah sukses! XD


STEPS :

1. Siapkan beras, secukupnya aja yak, kalo mau bikin satu rice cooker berarti kuantitas berasnya setengah dari wadah rice cookernya. Terus disini gue pake campuran beras putih dan beras merah, sekitar 3:1. Pokoknya kalo mau campur antara nasi putih sama nasi merah gini, perbandingan yang direkomendasikan adalah 3:1 atau 5:1, kenapa? Karena.. pengen aja, hahaha..

2. Cuci berasnya sampai bersih dari kotoran-kotoran tertentu atau semacam batu kecil-kecil gitu biar gak kekunyah

3. Setelah bersih, masukkan air matang. Kalau biasanya bikin nasi biasa mah airnya teh 1 ruas jari, nah buat liwet mah 1,5 - 2 ruas jari gitu karena kan lebih lembut teksturnya

4. Masukkan irisan bawang merah 6 siung, daun salam 5 lembar, lengkuas 3 iris, garam 1,5 sendok teh, bumbu penyedap (masako) 1 bungkus, terus aduk-aduk. Boleh juga pake cabe rawit beberapa biji, tapi karena di menu nya ada sambal jadi gak pake hehe. Terus lebih enak pake batang sereh juga kalo ada mah

5. Setelah diaduk, masukkan mentega sekitar 3 sendok makan. Ini fungsinya biar makin wangi, pokoknya mah rasanya mantap pisan lah! Haha..

6. Nyalakan rice cooker ke mode 'cook', pas menteganya udah mencair, diaduk juga yak. Kira-kira 30 sampai 45 menitan setelah dimasak.

7. Kalau rice cooker udah berubah mode ke 'warm', jadi deh liwetnya! Tinggal disajikan bersama lauk pauk yang sudah dipersiapkan :D Paling cakep kalo sama lalap dan sambel, terus bagi yang doyan mah enak pake pete atau jengkol juga cenah, tapi gue gak doyan haha..

Nasi liwet dan kawan-kawannya :9

Sekian resep kali ini, semoga bermanfaat! Happy cooking! :D

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall