1.10.18

Tentang Perasaan Suka

Mungkin ini akan jadi postingan ter-curhat yang gue tulis (padahal mah postingan gue emang mostly curhatan semua hahaha). Perasaan suka adalah perasaan yang menimbulkan jutaan rasa, cenderung sering dibikin ribet sama manusia, tapi selalu jadi topik yang paling seru dibanding yang lainnya. Gak heran kalo genre romance yang pastinya menitikberatkan pada perasaan ini selalu jadi favorit, mulai dari buku, lagu, film, drama, sampe komik digital.


Survey membuktikan!
Diambil dari sini
Sekitar tiga tahunan yang lalu, gue ada temen yang cukup deket dan gak pacaran yah. Tapi tetep aja lama-lama mah jadi baper, hahaha.. 
Paling parahnya adalah, kala itu yang selalu gue inget ya doi, selalu melekat di pikiran gue kemanapun gue pergi, selalu cemas kalo chat gak dibales atau telepon gak diangkat. Sedangkan porsi untuk mengingat Allah gak tau deh segimana, ibadah juga kayak sekedarnya aja gitu, dan gue juga sering banget khawatir berlebih tentang hal-hal yang gak jelas.

Padahal mau secinta apapun sama manusia, cinta sama Allah dan rasul-Nya mah tetep mesti paling utama kan? Dan gue melupakan hal itu, astaghfirullahaladzim..


Fall in love with Allah first before with anyone else
Diambil dari sini

Terus gue juga ngerasa.. kenapa dah gue seolah-olah menggantungkan harapan sama manusia? Salah besar.. jelas aja kalo rawan bikin kecewa. Sampai akhirnya gue sadar, betapa mudahnya buat Allah membolak-balikkan hati manusia, yang dulu mungkin suka, perlahan-lahan jadi gak suka atau malah langsung jadi gak suka lagi.

Selain itu, karena pikiran dan hati teh dipenuhi sama manusia, itu pun keliru. Allah itu pencemburu, makanya Dia pasti cemburu banget waktu pikiran dan hati gue tidak mengutamakan cinta kepada-Nya waktu itu. Dan yah, apa atuh lah, gue betul-betul tidak melibatkan Dia gitu, ngerasa sotoy aja merasa itu teh udah jodoh, padahal mah ya wallahu a’lam.

Dulu waktu ikut ta’lim di SMA, seorang pemateri pernah bilang, “kalo kita suka sama seseorang, dibungkus dulu aja rasa sukanya dan titipin ke Allah. Walaupun kita juga gak tau apakah nanti kita bakal bersama dengan orang yang kita sukai itu atau bukan, yang jelas mah Allah pasti ngasih yang terbaik”. Gue gak begitu ngerti sih dulu teh, sekarang baru deh ngerti maksudnya, haha..

Gue jadi makin sadar bahwa ketika kita merasa ada kecenderungan (suka) sama lawan jenis, emang bener-bener mesti diserahin ke Allah lagi. Tentu harus kita syukuri ya, berarti kita teh normal gitu suka sama lawan jenis. Tapi, jangan sampai perasaan itu teh lebih besar dari perasaan cinta kita sama Sang Pencipta, dan membangun kesiapan dengan terus memperbaiki diri adalah cara terbaik buat dipersatukan sama seseorang yang Allah ridhoi. Entah sama siapa, kapan, dimana, dan gimana, bisa jadi skenarionya teh yang gak pernah kita ekspektasikan.

Kalo mau disebutkan nama orangnya dalam do’a, boleh-boleh aja.. tapi kalo bisa mah gak usah maksa minta harus banget dijodohin gitu hahaha, ntar jadinya gak ikhlas. Contohnya mah do’ain aja semoga beliau selalu dilindungi Allah, dilimpahi keberkahan, dan selalu dikasih yang terbaik, aamiin.. atau bisa juga do'ain jika dia jodohku, maka permudahlah dan berkahilah, tapi bila bukan, maka berilah kelapangan hati dan berikan yang terbaik untuk kami, aamiin.. kan lebih adem gitu di hatinya juga, dan ketika kita berdo’a untuk orang lain, do’a itu juga akan balik ke diri kita, inshaAllah..


Never stop praying..
Diambil dari sini

Terus hati-hati juga sama perasaan mah, jangan suka-suka banget, jangan gak suka-suka banget juga. Kejadian nih di gue, dulu kan gue anti banget gitu sama warna pink alias merah muda alias kayas, pokoknya mah gue suka warna biru selalu always gak pernah never! Terus makin kesini, gue tetep suka warna biru tapi jadi suka juga sama warna PINK, hahaha (tapi pinknya pastel gitu, wkwk). Bener sih yang orang-orang bilang kalo antara cinta dan benci mah kadang bedanya tipisss.. makanya bijak banget lirik lagu dangdut yang berbunyi “yang sedang-sedang saja” hahaha, karena memang harus sedang-sedang saja, alias PAS gitu porsinya; tidak berlebihan dan tidak kurang juga.

Gue bersyukur karena Allah udah ngasih banyak pelajaran dan hikmah dari yang gue alami. Semoga bikin gue semakin bijak dan dewasa dalam menyikapi dinamika kehidupan ini *tsahhh.. Yang paling kerasanya mah sih berasa ditarik gitu sama Allah supaya bisa jadi hamba-Nya yang terus berusaha mendekat ke Allah, ya semoga gue dan semua yang baca tulisan ini bisa istiqomah untuk selalu menjadikan ridho Allah sebagai tujuan utama hidup kita, pokoknya goals-nya teh jadi hamba yang disayang Allah hihi, aamiin X)

Yang penting mah kitanya harus selalu husnudzan sama Allah. Karena Dia punya timing-Nya sendiri, nikmati aja masa-masa kesendirian (walaupun sebenernya kita gak pernah bener-bener sendiri loh, Allah is always watching you, dan di kiri sama kanan ada malaikat Rakib dan Atid, belum lagi jin yang ngikutin setiap manusia dari pertama lahir sampe meninggal, nah loh rame kan haha), dimana kita bisa lebih banyak beribadah langsung ke Allah, misalnya shaum sunnah weh ya. Soalnya kan kalo udah nikah mah lebih banyak ibadah gak langsungnya, kalo mau shaum sunnah teh mesti izin sama suami dulu (ini kata yang udah nikah ya, btw, haha).

Bahkan untuk niatnya sendiri bahwa ‘nikah itu ibadah’ masih belum terpikirkan sama gue itu teh gimana, masih harus belajar. Jadi, nikah itu jangan hanya karena usia kayak yang pernah gue tulis disini atau biar gak ditanya lagi ‘kapan nikah?’ ‘kapan nyusul?’ karena seriously itu bukan solusi, da udah itu teh pertanyaannya akan bersambung ke ‘udah hamil?’ ‘udah punya anak?’ ‘kapan mau punya anak lagi buat nemenin kakaknya?’, gitu weh terus sampe akhir zaman -_-‘

Nikah juga perlu ilmu, anak sekolah aja kalo mau UN ada pemantapannya, mau jadi guru juga ada ilmunya, apalagi mau membangun bahtera rumah tangga sampai akhir hayat dan kalo bisa jadi pasangan dunia akhirat? Tentu gak sembarangan.. balik lagi, memperbaiki diri adalah koentji, hehe.. karena laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik, begitu juga sebaliknya. 

Nah, contoh konkret memperbaiki dirinya teh gimana? Misalnya ya, shalat wajibnya udah bisa tepat waktu belum? Ibadah sunnahnya udah rutin belum? Tilawahnya gimana? Udah rajin ngerawat diri belum (seenggaknya rajin mandi, gosok gigi dan pake deodorant)? Udah selalu berbuat baik dan berbakti sama orangtua? Udah bisa manage keuangan sendiri? Udah stabil ngatur emosi? Dsb dsb. Panjang ya kalo dijabarin mah haha, tapi usahain kita jadi lebih baik bukan hanya dalam rangka memantaskan diri aja, mesti buat diri sendiri juga dan supaya Allah sukaaa x)

Keep going to be a better person!
Diambil dari sini

Yang gue yakini adalah, jodoh itu effortless. Karena udah banyak banget pengalaman orang-orang di sekitar gue yang ketemu seseorang dengan cara yang gak ribet, kadang-kadang diluar nalar kita dan ya gitu lah ai udah waktunya mah pasti bakal ketemu juga :)) Kumaha sih ini teh, judulnya tentang perasaan suka, ujung-ujungna mah kana nikah jeung jodoh?! Hahaha.. harap maklum yah, faktor U hahaha.. lagian ya emang apalagi coba kalo bukan berujung kesana? Kalo hanya main-main saja mah, sudah kau buang waktu percuma, kata Marion Jola, wkwkw..

Ya udah weh ya, segini dulu aja curhatan gue, hahaha.. semoga ada manfaatnya walaupun hanya sebesar atom. Remember that Allah truly love us and will always give the best for us! :D

Ditulis di Bandung pada 19 Muharram 1440 H/30 September 2018

P.S. Jangan lupa kita do’akan saudara-saudara kita yang terkena bencana gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, semoga Allah selalu melindungi dan menguatkan, aamiin.. Dan buat Diyas Amanullah juga Nofi Kristanti, semoga lekas diberi kesembuhan, aamiin.. remember that you guys are much stronger than the disease! Keep fighting!

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall