21.10.18

[Recipe] Tteokbokki Ala-ala

Annyeong haseyo!

Di postingan kali ini gue mau share resep Tteokbokki (baca : topokki) ala-ala yang bisa dibikin sendiri di rumah. Berawal dari kabita waktu temen gue yang anaknya Kokoreaan banget update status di WA beberapa waktu lalu, foto topokki bikinan dia sendiri. Sebenernya gue udah suka searching-searching dan nyimpen resep-resep makanan termasuk tteokbokki ini, tapi eksekusinya nihil karena males hahaha.. Akhirnya gue cobain deh bikin sendiri, dua kali eksperimen sih. Yang pertama mah weekend kemarin, yang kedua kemaren malem.

Tteokbokki; salah satu makanan khas Korea yang sering muncul di drama Korea along with ramyeon~
Diambil dari sini

Jadi, tteokbokki ini adalah makanan khas Korea, semacam jajanan gitu atau street food. Bahan utamanya itu garaetteok alias kue beras yang dicampur sama saus dari gochujang (sambal khas Korea) dan gochugaru (bubuk cabe kering Korea) serta bahan-bahan lainnya. Kalo temen gue bikin kue berasnya dari tepung beras ketan campur tepung kanji dengan takaran 7:3. Tapi setelah gue browsing, banyak sumber yang bilang kalo sebaiknya bikin kue beras ini pake tepung beras biasa. Ya sudah deh, gue nurut aja.

Dari resep-resep yang sudah gue telusuri (di cookpad), rata-rata ngasih takaran antara tepung beras dan tepung kanji nya itu 5:1, karena gue masih awam ye kan, ya gue nurut juga pada eksperimen pertama. Hasilnya? Kue berasnya kurang kenyal, hahaha.. tapi ini balik lagi ke selera sih. Karena memasak adalah seni, silakan berinovasi sesuai dengan preferensi masing-masing. Kalo lebih suka kue berasnya rada keras bisa ngikutin takaran 5:1 atau 5:2 antara tepung beras dan tepung kanji nya. Disini gue bikin kue beras yang cenderung kenyal, jadi perbandingan takaran tepung beras dan tepung kanji yang dipakai adalah 3:2.

Nah, mari kita bahas gimana gue bikin tteokbokki ala-ala ini, hasil eksperimen gue yang kedua!


Bahan-bahan bikin tteokbokki!
(Ini bahan-bahan bikin topokki pas eksperimen pertama dan gak semuanya kefoto, di eksperimen kedua mah gak pake sayuran karena gak ada, hahah..)

STEP 1 : BIKIN KUE BERAS
  1. Masukkan 8 sdm tepung beras ke dalam wadah (semacam baskom mini atau mangkok besar gitu)
  2. Masukkan 6 sdm tepung kanji ke wadah yang tadi
  3. Masukkan 1 sdt garam ke wadah yang tadi juga (ini tergantung selera ya, kalo suka yang asin  banget mungkin bisa ditambahin garemnya dikit)
  4. Kasih air panas dikit-dikit, terus diaduk pake sendok sampai menggerindil gitu campuran  tepungnya dan bisa jadi adonan yang kalis. Langkah keempat ini di eksperimen pertama  kemarin sempet failed karena gue ngasih airnya langsung banyak dan kebanyakan haha, jadi aja mesti tambah tepung lagi. So, pelan-pelan aja yak ngasih airnya!
  5. Setelah kalis, dibentuk deh jadi pilin-pilin panjang. Biasanya abis ini bisa langsung direbus terus nanti baru dipotong-potong. Kalo gue sih lebih suka dipotong-potong dulu pas masih jadi adonan, biar praktis aja hehe..
  6. Potong pilinan adonan kue beras tadi kurang lebih 3-5 cm, lalu rebus sampai matang (sampai kue berasnya terapung). Kalo pake bahan-bahan lain kayak sayuran atau sosis, bisa ikut direbus pas kue berasnya udah mau matang paripurna *halah*
  7. Setelah kue berasnya matang, tiriskan
Adonan kue beras sebelum direbus (eksperimen pertama)
Adonan kue beras sebelum direbus (eksperimen kedua)
Kue beras yang matang bakal terapung sendiri kayak gini..

STEP 2 : BIKIN SAUS
  1. Siapkan wajan dengan minyak goreng dituangkan diatasnya, setelah panas (of course setelah kompornya dinyalain yak wkwk) masukkan bawang putih 1 siung yang telah dicincang
  2. Setelah cincang bawang putihnya matang (mengeluarkan aroma), masukkan air putih 175 ml
  3. Masukkan saus-saus, bubuk cabe, gula dan garam secukupnya. Disini gue pake dua saus yaitu saus cabe Belibis dan saus extra pedas ABC. Pada resep lain biasanya pake saus tomat juga karena rasa saus tteokbokki itu perpaduan antara asam-manis-pedas, tapi saus Belibis ternyata lebih dominan asam (menurut gue) jadi bisa mensubstitusi saus tomat terutama buat orang yang memang gak suka saus tomat. Ada juga yang pake bubuk lada ataupun penguat rasa seperti MSG, tergantung selera sih. Kalo gue gak pake, soalnya di saosnya juga pasti udah ada MSGnya haha. Oh iya, gulanya juga jangan banyak-banyak ya, sekitar ¼ sdt lah, sedangkan garam 3x lipat dari gulanya
  4. Aduk-aduk semua bahan yang sudah tercampur, gue gak ngasih takaran karena kalo bikin ginian memang lebih cenderung by feeling sih. Jangan lupa untuk cek rasa alias icip-icip udah pas apa belum (abis ngaduk-aduk, spatulanya diangkat dulu beberapa saat terus tetesin deh ke telapak tangan biar bisa nyicip rasanya)
  5. Masukkan larutan 1 sdm maizena (larutan; karena 1 sdm maizena nya udah dicampur air secukupnya, kira-kira aja sampe jadi cair sekitar 3 sdm air) ke dalam wajan. Larutan maizena ini yang akan bikin sausnya jadi mengental! Buat orang awam dapur kayak gue, mengetahui hal ini bagaikan sebuah keajaiban hahaha XD
Bahan-bahan per-saus-an

STEP 3 : TTEOKBOKKI!
  1. Setelah adonan saus cukup kental, masukkan kue beras yang sudah ditiriskan tadi (sama sayuran dan/atau sosis, dll kalo mau pake)
  2. Aduk terus sampe nyampur *apa dah hahaha*
  3. Kalo udah beres, ya matiin kompornya deh. Masukkan tteokbokki yang sudah jadi ke dalam piring. Bisa dipakein topping kayak wijen, daun bawang, tapi kalo gak ada ya gak usah wkwk
  4. Tteokbokki siap dinikmati!
Tteokbokki hasil eksperimen pertama!
(Ini bikinnya lebih banyak dari yang kedua, dan larutan maizena nya kebanyakan malah 2 sdm haha, jadi aja sausnya kurang)
"Tteokbokki by eonnie :9"
(Masih tteokbokki yang tadi, disimpen dari IG story adik gue)
Naahhh, inilah tteokbokki hasil eksperimen kedua yang resepnya sudah gue share diatas!
(Entah kenapa hasil masakan yang kedua ini menurut gue terasa lebih 'mature' hahahah..)

Lumayan lah ini bisa buat ngemil daripada jajan di luar dan sebagai ikhtiar untuk lebih mengakrabkan diri dengan dapur, hahaha.. kerasa sendiri sih, waktu eksperimen pertama rasanya masih serba bingung dan durasi masaknya lebih lama. Sedangkan di eksperimen kedua, masaknya jauh lebih cepet dan lebih efisien karena udah tau waktu kemarin salahnya apa, kurangnya dimana, dsb dsb.

Begitulah, memasak mengajarkan gue bahwa kesalahan di masa lalu bisa jadi bahan evaluasi supaya kita bisa lebih baik ke depannya. Selain itu juga mengingatkan bahwa repetisi sangat penting kalo kita pengen bisa atau mahir melakukan sesuatu. Yang pasti, tentu saja kalo mau jago masak, rajinlah bereksperimen di dapur (wahai diriku) -_-

Btw, makanan ini bikin kenyang loh (yaealaahhh, tepung beras bahannya juga hahaha), jadi gak usah makan nasi lagi kalo abis makan ini, kecuali kalo makannya bareng-bareng sama orang lain banyakan sih, hehe.. Terus, kalo mau versi manisnya, sausnya tinggal diganti sama air gula merah dan santan, karena kue berasnya kan kayak bubur lemu/bubur sumsum yang dipadatkan gitu XD tapi namanya bukan tteokbokki lagi ntar, wkwkw..

Demikianlah resep makanan pertama yang gue share di blog ini, semoga ke depannya ada resep-resep lain hahah, tapi tentunya setelah gue coba dan berhasil yak! Happy cooking! :D


Setelah makan tteokbokki ala-ala, tinggal minum air putih dan matcha latte dari Alure sambil bikin draft postingan :9
(Karena me time gak harus mahal, wkwkw)

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall