21.5.17

Tips Makeup Wisuda Sendiri (Dominan Pake Produk Lokal!)

Halo!

Kali ini gue pengen sharing soal makeup yang bulan lalu gue pake saat wisuda. Gue gak ke salon, karena malas ngantri terus kadang suka gak sreg gitu. Soalnya kalo salon lokal (?) cenderung berat-berat aplikasi makeupnya, misalnya buat base aja gak ada primer atau concealer-concealer tapi pakenya cream foundation terus ditimpuk bedak padat, bahkan kalo imperfectionnya cukup berat, foundie-nya dipake 2 layer -___- dan hasilnya lama kelamaan aneh gitu, suka jadi ada titik-titik item gitu gak tau lah aneh, kalo cakey mah gak usah ditanya lagi :(((

Ya udah deh gue makeup-an sendiri aja dan lumayan produk-produknya kan bisa kepake kalo ada acara kayak kondangan, hehe. Lagian udah banyak banget kok video tutorial di Youtube tentang graduation makeup gini, tinggal dipelajarin dan dipraktekin aja :D

Pada intinya, makeup untuk acara formal kayak gini harus flawless dan tahan lama. Sayangnya, gara-gara gue agak lama masang softlens sebelum makeup-an, jadi ada beberapa step yang ke-skip seperti gue gak ngalis dan gak pake eyeliner. Karena gak tau deh softlens nya 'letoy' banget gitu dan jatoh dong waktu gue lagi pake eyeshadow, kena bubuk-bubuk eyeshadow -____- Alhasil, softlens satu lagi gue copotin dan gak kepake deh itu softlensnya, wasteddd duit gueeee T__T (jeritan hati cewek bermental emak-emak irit)

Oke, kita langsung aja ke tipsnya!

Alat tempur haha
  1. Pake skincare. Of course lah ya, skincare mah wajib hukumnya, apalagi sebelum nemplokin dempul. Nah, disini gue menyederhanakan skincare yang dipake, jadi cuma pake toner Nivea (gak kefoto), essence Garnier, dan lipbalm Red-A biar bibirnya gak kering. Pelembab dan sunblock diskip karena foundie-nya udah mengandung SPF dan biar gak terlalu 'berat' di muka.
  2. Bikin base makeup yang mantap. Primer itu PENTING loh, gue pake TLOAC Makeup Primer which is SOOOOO GOOD!!! XD Gue gak nyangka kalo produk lokal punya produk primer yang mantap kayak gini! Dia mirip Monistat kalo dari ingredients-nya karena silicon semua, mungkin ini dupe Monistat? (Padahal Monistat teh dupe-nya Smashbox, terus dupe-nya Smashbox ada dupenya, aduh gimana sih pusing hahaha). Kandungan siliconnya itu bikin muka jadi halus velvety gitu deh dan pas dipakein foundation Revlon Colorstay jadi bener-bener bagus banget, gak cakey dan coveragenya maksimal :D Gue pake concealer The Saem (lupa gak kefoto juga) tipis-tipis di under eye aja karena dark circlenya cukup parah tapi di bagian lain sama sekali gak pake karena udah ketutup sama foundie padahal bekas jerawat banyak dan lagi ada jerawat juga waktu itu. Setelah beres, diset deh pake loose powder Claine, ini juga produk lokal yang oke banget apalagi buat kulit berminyak kayak gue!
  3. Dekor mata pake eyeshadow Inez yang Venice. Yha, eyeshadow ini mah gak usah dibahas juga pada udah tau kalo pigmentasinya JUARA! Gue pake warna yang kiri bawah di kelopak mata dan kiri atas di outer V, kemudian pake yang kanan atas di bawah mata (biar aegyo sal ala-ala korea gitu loh wkwkwk) dan dari tengah ke ujungnya pake yang kiri bawah lagi biar lebih seger. Eyeshadow ini juga gue pake buat ngekontur hidung (walaupun agak failed karena gue khilaf apply kebanyakan padahal betapa luar biasa pigmented-nya eyeshadow ini! ><) dan buat nge-highlight tulang hidung, dahi, sama pipi yang diatas blush on. Terus apply mascara Inez (gak pake bulu mata palsu, alasannya: gak punya, gak beli, males pakenya wkwk) dan rapiin alis pake spoolie aja~ Tapi buat yang mau ngalis, gue saranin produk lokal yang murah tapi oke yaitu pensil alis Just Miss! Mantap banget pokoknya, warna cokelatnya natural gak kemerah-kemerahan dan awet dipake.
  4. Aplikasikan blush on gemash! Gue gak kontur pipi, jadi pake blush on-nya overlap diatas tulang pipi getoh dan dikenain ke idung juga, pokoknya ala-ala blush on yang lagi tren gitu deh XD pengennya sih bener-bener igari makeup gitu ya tapi waktu itu masih gak berani pake blush on tepat dibawah mata *dan udah mepet buru-buru jadi kalo failed bahaya*. Blush on yang gue pake dari Inez juga yang Autumn Rose (oke, sebenernya produk-produk Inez ini punya ibu gue yang gue berdayakan sebagai alat tempur buat makeup wisuda hahaha), pigmentasinya juga gak usah ditanyaaaa, cenderung matte jadi gue rasa bisa dipake buat sehari-hari asal tipis tipisssssss pakenyaaa (tapi gue sendiri gak pernah pake blush on sih sehari-hari mah bhahaha)
  5. Terakhir, pake lippen. Gue pake lipstick matte sejuta umat yaitu Purbasari lipstick matte. Jadi karena udah pake lipbalm, blot pake tissue buat nyerep 'sisa' minyak dari lipbalmnya (di blot loh ya, bukan digosok). Abis diblot, pakein deh lipsticknya! Karena gue seneng gradient lips, jadi gue pake lipstick yang nomor 90 (Crystal) buat base dan nomor 84 (Ruby) ditengah bibir (walaupun kalo difoto gak terlalu keliatan sih gradient-nya -___-)
Begini hasilnya!

makeup wisuda ala-ala, wkwkw

Gak terlalu jelas yah, hahaha.. But overall, gue puas dengan hasilnya :D

Menurut gue, yang paling mendasar dan amat sangat penting itu emang base makeup-nya. Beberapa waktu sebelum ini, gue sempet dandan sendiri jadi pager ayu tapi makeup-nya pas siang udah rada kacau biasalah muka kilang minyak dan pas wudhu langsung bubar jalan, karena gak pake primer dan bedak tabur tapi foundie-nya sama. Makanya gue amaze banget sama primer lokal yang gue sebutin diatas tadi, karena bikin foundationnya awet dan flawless bangettttt, gue pake dari jam 5 subuh sampe maghrib masih flawless padahal udah wudhu, terus mondar-mandir kesana-kemari pake jubah wisuda yang bikin gerah (red: bikin keringetan). Loose powdernya juga bantu banget sih jadi smooth gitu hasilnya x3 Tapi part favorit gue sih blush on-nya karena gemash hahahaha..

Sebagai pemilik muka yang banyak imperfection-nya (jerawat, bekas jerawat, you name it :P), gue seneng banget karena ternyata bikin base makeup yang flawless tapi gak berat di muka gak perlu cari produk yang mahal dan susah ditemui, karena produk-produk lokal pun udah pada keren! Temen gue juga ada yang kaget tau gue makeup sendiri dan ada juga yang nanya gue makeup dimana? Karena hasilnya rapi, huehehe *senang* hahaha.. gak sia-sia hasil bertapa nonton video-video tutorial di Youtube

Tapi jangan lupa setelahnya bersihin yang bener-bener bersih, biar gak nyumbat pori. Gue sih waktu itu triple cleansing :P Bersihin make minyak zaitun dulu, baru micellar water sampe gak ada residu yang tersisa di kapas, baru deh pake facial wash. Karena seflawless apapun makeup, kalo gak dibersihin mah bakal nambah ketidak-flawless-an wajah *apasih*, tapi seberapapun imperfection itu, cintai dan rawat kulitmu because beauty is imperfect *tambah ngaco* pokoknya goals kulit sehat 2017 wkwkwk

So, buat kamu-kamu yang mau makeup wisuda sendiri dan pake produk lokal, semangaaattt! Pasti bisa! :D

Yeay!
Taken from pinterest.com

No comments

Post a Comment

© KATATINA
Maira Gall