18.1.19

Don't You Worry 'Bout A Thing

Gak punya ide buat judulnya, ya udah deh pake judul lagunya Tori Kelly aja XD

Hari senin sore kemarin gue seperti biasa naik angkot pink dari halte depan ITENAS saat pulang dari kampus. Ketika ada angkot pink pertama dateng, gue cegat ternyata penuh dan kayaknya dicarter gitu (soalnya pintunya rada ditutup). Gak lama kemudian dateng lagi angkot pink kedua dan kosong, tapi ternyata angkotnya gak narik penumpang, mungkin mau pulang apa gimana lah gak tau haha. Ya udah deh nungguin dulu agak lama, kemudian akhirnya datenglah angkot pink ketiga yang kosong dan bahkan sebelum dicegat udah ngelaksonin duluan, wkwkw..

Terus gue tiba-tiba tertegun gitu kan, something has just crossed my mind and I was like “eh? gitu ya ternyata?”

Jadi, dari kacamata seorang angkoters garis keras (hahahah) kayak gue, jodoh itu kayak naik angkot; harus yang searah, punya tujuan yang sama. Ketika kejadian diatas gue jadikan sebagai analogi, kadang kita akan bertemu dengan seseorang yang tipe kita banget tapi ternyata hatinya sudah terisi. Bisa juga ketemu seseorang yang pas dan sama-sama single, tapi dianya masih belum mau membuka hati atau belum mau terikat.

Sama-sama angkoters, kayak adek-adek Kuroko No Basuke, wkwkw
Diambil dari sini

31.12.18

[Recipe] Nasi Liwet Pake Rice Cooker

Sampurasun!

Buat orang-orang yang tinggal di tatar Sunda, pasti udah gak asing lagi sama makanan satu ini; nasi liwet! Andalan banget buat dimakan bareng-bareng sambil ngariung alias ngumpul. Bikinnya juga ternyata gak susah, rempahnya juga sederhana tapi wanginya menggoda haha..

Gue pertama kali bikin liwet pake rice cooker ini di kantor, itu pun pengalaman pertama mah gagal hahahah.. Karena berasnya kebanyakan dan airnya sedikit, jadinya nasi di lapisan atas teh masih rada-rada gigih gitu wakaka.. Terus lupa pula menteganya kagak diaduk, jadi yaa gitu deh.. walaupun masih bisa dimakan sih nasi di lapisan yang bawah mah.

Akhirnya eksperimen lagi yang kedua kali setelah dilakukan berbagai evaluasi, wkwkw.. Gue share resepnya disini deh biar gak lupa, dan kali aja bisa bermanfaat buat yang lain, khususnya buat sohib gue yang sekarang ada di negara kelahiran Napoleon Bonaparte, biar pas kangen liwet teh tinggal bikin aja pake rice cooker, hihi..

Nasi liwet hasil eksperimen kedua, alhamdulillah sukses! XD

STEPS :

1. Siapkan beras, secukupnya aja yak, kalo mau bikin satu rice cooker berarti kuantitas berasnya setengah dari wadah rice cookernya. Terus disini gue pake campuran beras putih dan beras merah, sekitar 3:1. Pokoknya kalo mau campur antara nasi putih sama nasi merah gini, perbandingan yang direkomendasikan adalah 3:1 atau 5:1, kenapa? Karena.. pengen aja, hahaha..

2. Cuci berasnya sampai bersih dari kotoran-kotoran tertentu atau semacam batu kecil-kecil gitu biar gak kekunyah

3. Setelah bersih, masukkan air matang. Kalau biasanya bikin nasi biasa mah airnya teh 1 ruas jari, nah buat liwet mah 1,5 - 2 ruas jari gitu karena kan lebih lembut teksturnya

4. Masukkan irisan bawang merah 6 siung, daun salam 5 lembar, lengkuas 3 iris, garam 1,5 sendok teh, bumbu penyedap (masako) 1 bungkus, terus aduk-aduk. Boleh juga pake cabe rawit beberapa biji, tapi karena di menu nya ada sambal jadi gak pake hehe. Terus lebih enak pake batang sereh juga kalo ada mah

5. Setelah diaduk, masukkan mentega sekitar 3 sendok makan. Ini fungsinya biar makin wangi, pokoknya mah rasanya mantap pisan lah! Haha..

6. Nyalakan rice cooker ke mode 'cook', pas menteganya udah mencair, diaduk juga yak. Kira-kira 30 sampai 45 menitan setelah dimasak.

7. Kalau rice cooker udah berubah mode ke 'warm', jadi deh liwetnya! Tinggal disajikan bersama lauk pauk yang sudah dipersiapkan :D Paling cakep kalo sama lalap dan sambel, terus bagi yang doyan mah enak pake pete atau jengkol juga cenah, tapi gue gak doyan haha..

Nasi liwet dan kawan-kawannya :9

Sekian resep kali ini, semoga bermanfaat! Happy cooking! :D

28.12.18

Laziness

So, today I see the unusual thing, a phenomena which came from laziness. It's kind of 'wrongful appropriation'. 

Gue gak bisa ceritain lengkapnya sih, tapi bikin gue tersadar bahwa sesungguhnya kemalasan itu gak akan pernah menghasilkan sesuatu yang baik, bisa bikin kita melakukan hal-hal yang disrespectful dan bahkan bisa berakibat fatal. Terus kita udah dikasih kemampuan untuk bergerak dan berpikir juga bukan untuk malas-malasan kan ya?

Kalau dipikir-pikir, iya juga sih. Ayat Al-Qur'an yang pertama turun aja 'Iqra!' yang artinya 'Bacalah!'. Jadi sebenernya dalam hidup ini kita dituntut untuk selalu melakukan hal-hal yang produktif. Sesekali istirahat untuk melepas penat dan lelah tentu harus, da kita teh bukan mesin. Tapi yang pasti mah jangan jadi pangedulan (aaakkk, mesti nulis sambil ngaca ini mah hahah)

4.12.18

Payung Teduh feat. Orkes Panawijen - Diam

Well, I've just discovered this song. Ini enak banget didengerin, apalagi setelah hujan atau pas hujan sambil minum air anget, teh atau kopi juga boleh, minuman hangat yang lainnya juga silakan :D


Then we'll realize that we don't need something fancy to enjoy the life, when the simple things bring the joy, calmness and makes us grateful, alhamdulillah :)

6.11.18

Live The Life

Taken from here

Stories keep the world revolving. Live yours, don't miss out.
© willekeurigheid.
Maira Gall